Artikel

Lockdown Mengatasi Sebaran Corona, Perbedaan Karantina dan Isolasi

Berikut ini perbedaan Lockdown, Karantina, Isolasi

Lockdown Mengatasi Sebaran Corona, Perbedaan Karantina dan Isolasi – Dengan adanya wabah virus corona yang terjadi di berbagai belahan dunia, banyak negara mengeluarkan kebijakan LOCKDOWN untuk mengatasi penyebaran virus mematikan ini. Apa bedanya antara Lockdown, Karantina, Isolasi?

Lockdown Mengatasi Sebaran Corona, Perbedaan Karantina dan Isolasi

Sebelumnya saya telah menulis mengenai Perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah

Pengertian Epidemi

Epidemi adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban.

Pengertian Endemik

Endemik adalah berkenaan dengan penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu.

Pengertian Pandemik

Pandemik adalah tersebar luas (tentang penyakit) di suatu kawasan, benua, atau di seluruh dunia.

Kemudian, muncul kembali istilah baru yaitu negara melakukan LOCKDOWN. Apa arti Lockdown tersebut?

Lockdown adalah suatu tindakan darurat atau kondisi pada saat orang-orang untuk sementara waktu dicegah MASUK atau KELUAR area atau bangunan yang telah ditentukan selama ancaman bahaya  kesehatan berlangsung.

Wujud dari lockdown adalah dengan melarang melakukan pertemuan yang melibatkan banyak orang, seperti penutupan sekolah hingga tempat-tempat umum untuk menekan resiko penularan virus Corona secara lebih luas. Aktivitas di area publik dan bepergian juga dilarang selama kebijakan lockdown  diterapkan.

Yang terakhir, kota Solo melalui Wali Kota mengeluarkan kebijakan bahwa Solo berada dalam kondisi KLB atau Kejadian Luar Biasa. Namun, Presiden Jokowi belum mengeluarkan kebijakan tersebut entah kapan atau tidak sama sekali. Entahlah.

Baca disini: Kejadian Luar Biasa Corona di Solo, Sekolah Diliburkan 14 Hari

Lockdown Mengatasi Sebaran Corona, Perbedaan Karantina dan Isolasi

Kemudian apa bedanya dengan karantina dan atau isolasi?

Pengertian lockdown berbeda dengan karantina atau isolasi. Jika lockdown dapat diartikan sebagai tindakan penguncian untuk mencegah penyebaran virus secara lebih luas, sedangkan isolasi diartikan sebagai pemisahan.

Isolasi merupakan tindakan pemisahan yang dilakukan pada pasien infeksi penyakit dari orang-orang sehat yang ada disekitarnya untuk menghindari terjadinya penularan.

Sebagai contoh terdapat pasien yang terinfeksi virus Corona COVID-19 akan diisolasi atau dipisahkan dalam ruang tersendiri di dalam rumah sakit.

Tujuan dari isolasi pasien ini sebagai pencegahan penularan penyakit, isolasi juga dilakukan agar pasien yang terinfeksi penyakit dapat ditangai dengan baik oleh tenaga medis sampai dinyatakan sembuh.

Pengertian karantina adalah memisahkan dan membatasi pergerakan seseorang yang terpapar penyakit, tetapi tidak memiliki gejala. Tujuannya untuk mencegah kemungkinan adanya penyebaran penyakit.

Karantina merupakan tempat penampungan yang lokasinya biasanya terpencil untuk mencegah penularan penyakit maupun pengaruh yang ditimbulkannya.

Demikian tadi perbedaan antara Lockdown – Karantina – Isolasi. Semoga menjadi masukan dan ilmu untuk para pembaca.

Lockdown Mengatasi Sebaran Corona, Perbedaan Karantina dan Isolasi

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!