Fisika

Pengertian dan Aturan Angka Penting | Materi Fisika

Download Aturan Angka Penting dan Pengertian dalam Fisika

Pengertian dan Aturan Angka Penting | Materi Fisika – Selain memberikan informasi terbaru terkait dengan Download RPP revisi, Download UKBM sekolah SKS, Pembahasan Soal SBMPTN 2018, Pembahasan Soal OSN OSK 2018, dan juga Pembahasan Soal PAS Kimia Kelas X XI XII, web ini memberikan informasi juga tentang Fisika, Biologi, Matematika, Sosiologi, Ekonomi, hingga Ekonomi. Selain itu juga materi-materi pelajaran lain insya Alloh kami update.Dalam kesempatan kali ini kita akan belajar Angka Penting. Kalian tahun pengertian angka penting? Aturan angka penting itu apa saja kalian sudah tahu? Kalau belum paham, mari kita belajar.

Pengertian dan Aturan Angka Penting | Materi Fisika

Kadang-kadang terjadi bahwa ketidakpastian hasil pengukuran tidak disebutkan secara eksplisit. Sebagai penggantinya, ketidakpastian pengukuran ditunjukkan dengan angka penting atau angka signifikan dari besaran yang diukur. Misalnya, tebal buku 2,91 cm. Dua angka pertama, yaitu 2 dan 9 adalah angka pasti, sedangkan angka terakhir, yaitu 1, adalah angka taksiran yang tidak pasti.

Akan tetapi, ketiganya merupakan angka penting, sehingga pengukuran 2,91 cm mempunyai 3 angka penting. Bilangan 2,91 disebut bilangan penting, yaitu bilangan yang diperoleh dari hasil pengukuran. Ada beberapa aturan yang perlu diketahui berkaitan dengan penulisan angka penting, yaitu sebagai berikut:

Aturan Angka Penting

a. Semua angka bukan nol adalah angka penting. Hasil pengukuran 78,51 cm dan 56,5 g berturut-turut mempunyai 4 angka penting dan 3 angka penting.

b. Angka nol yang terletak di antara dua angka yang tidak nol adalah angka penting. Hasil pengukuran 205 kg dan 2,003 cm berturut-turut mempunyai 3 angka penting dan 4 angka penting.

c. Untuk bilangan desimal yang lebih kecil daripada satu, angka nol yang terletak di sebelah kiri angka bukan nol, baik di sebelah kiri maupun di sebelah kanan tanda koma (desimal), tidak termasuk angka penting. Hasil pengukuran 0,51 cm dan 0,0215 g berturut-turut mempunyai 2 angka penting dan 3 angka penting.

Pengertian dan Aturan Angka Penting | Materi Fisika

Sekarang perhatikan hasil pengukuran massa benda 1.800 g. Dua angka nol disini dapat berupa angka penting atau bukan angka penting. Hasil pengukuran itu mungkin merupakan nilai yang paling dekat daripada 1.700 g atau 1.900 g. Jika demikian, dua angka nol yang terakhir pada 1.800 g bukan merupakan angka penting.

Sebaliknya, jika angka 1.800 g merupakan angka yang paling dekat daripada angka 1.790 g atau 1.810 g, maka hanya angka nol pada digit ke-3 yang termasuk angka penting. Akhirnya, jika angka 1.800 g merupakan angka yang paling dekat daripada angka 1.799 g atau 1.801 g, maka dua angka nol pada 1.800 g merupakan angka penting.

d. Deretan angka nol yang terletak di sebelah kanan angka bukan nol adalah angka penting, kecuali ada penjelasan lain. Penjelasan ini dapat berupa garis bawah pada angka terakhir yang masing dianggap angka penting.

Hasil pengukuran 1300 kg mempunyai 4 angka penting, 1300 mempunyai 3 angka penting, dan 1300 mempunyai 2 angka penting. Sebenarnya, untuk bilangan yang sangat besar atau sangat kecil angka penting dapat dikenal dengan baik jika ditulis dengan notasi ilmiah.

Jarak bumi-matahari adalah sekitar 384.000.000 m. Seperti telah diuraikan di atas, angka sebanyak ini tidak memberi informasi tentang banyaknya angka penting. Akan tetapi dengan notasi ilmiah, 384.000.000 m = 3,84 x 108 m.

Dalam notasi ilmiah, 3,84 x 108 m mempunyai 3 angka penting. Demikian pula pengukuran 4,00 x 10-7 kg mempunyai 3 angka penting.


Demikian tadi materi Fisika tentang Pengertian dan Aturan Angka Penting. Untuk soal mengenai besaran Fisika, dimensi dan notasi ilmiah akan kami update di web ini. Jangan lupa kunjungi laman RPP Fisika:

Download RPP Fisika Kelas XI 4C

Download Pembahasan Kimia SBMPTN 2018

Pengertian dan Aturan Angka Penting | Materi Fisika

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!