X

Download Soal Pilgan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit PDF

Kombinasi dengan soal essay kelas 10 MIPA dalam latihan di masa Pandemi

Download Soal Pilgan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit PDF – Dalam menguatkan pemahaman materi Kimia kelas 10 semester 2 kurikulum 2013, perlu adanya latihan-latihan soal baik dalam bentuk pilgan maupun essay. Terlebih di masa pandemi ini, disaat pertemuan hanya sebatas tatap maya, tentu kurang matang dalam pemahaman masing-masing KD. Oleh sebab itu, berikut ini adalah soal larutan elektrolit dan nonelektolit PDF untuk latihan.

Download Soal Pilgan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit PDF

Di kelas 10 semester 2 K13, materi pertama yang dipelajari adalah Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Di dalam materi ini, terdapat 3 bagian yang perlu diurai satu persatu. Bagian tersebut meliputi:

1. Sifat-sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit

2. Cara larutan elektrolit menghantarkan arus listrik

3. Jenis ikatan senyawa dalam Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Sebenarnya banyak sekali soal-soal yang berhubungan dengan elektrolit dan nonelektrolit dari berbagai penerbit. Mayoritas anak-anak dan mungkin guru juga mencari jawaban Buku PR Kimia Intan Pariwara kelas 10 semester 2 dan bisa jadi kunci jawaban itu berada di Rukim.ID silahkan cari.

Di bawah ini adalah link download soal pilgan larutan elektrolit nonelektrolit dan soal essay:



 

Pengertian larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan listrik, sedangkan pengertian larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik. Larutan elektrolit dapat dibedakan menjadi elektrolit kuat dan elektrolit lemah. Elektrolit kuat mempunyai daya hantar yang relatif tinggi walaupun konsentrasinya relatif kecil, sedangkan elektrolit lemah mempunya daya hantar yang relatif rendah walaupun konsentrasinya relatif besar.

Mekanisme Hantaran Listrik Melalui Larutan

Menurut teori ionisasi Arrhenius, larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena terdapat ion-ion yang bergerak bebas dalam larutan. Ion-ion tersebut yang berperan dalam menghantarkan arus listrik melalui larutan. Sebagai contoh, larutan NaCl merupakan larutan elektrolit. Zat terlarut NaCl di dalam pelarut air akan terdisosiasi (terurai) menjadi ion Na+ dan ion Cl−. Dalam eksperimen hantaran listrik larutan elektrolit dengan menggunakan sumber arus listrik searah, lampu, dan dua elektroda, ion-ion bermuatan positif akan bergerak ke arah elektroda yang terhubung ke kutub negatif (katoda) sedangkan ion-ion bermuatan negatif akan bergerak ke arah elektroda yang terhubung ke kutub positif (anoda).

Pada larutan non elektrolit, zat non elektrolit yang terlarut tidak dapat terurai menjadi ion-ion, sehingga tidak terdapat ion-ion bebas yang dapat menghantarkan arus listrik. Sebagai contoh, larutan gula sukrosa (C12H22O11) merupakan larutan non elektrolit. Zat terlarut sukrosa di dalam pelarut air tidak dapat terurai menjadi ion, sehingga tidak terdapat ion bebas yang dapat menghantarkan listrik. Sumber: studiobelajar.com

Selamat belajar. Salam Kemendikbud

Download Soal Pilgan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit PDF

Tunjukkan lebih banyak

Rukim ID

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk menikmati konten RUKIM ID, silahkan OFF aplikasi Adblock browser Anda