X

Soal HOTS Kimia Stoikiometri Kelas 10 Semester 2

Dilengkapi dengan pembahasan

Soal HOTS Kimia Stoikiometri Kelas 10 Semester 2 – Kimia kelas X semester genap di bagian akhir adalah mengenai Stoikiometri. Stoikioemteri inilah materi yang dirasakan anak paling susah dibandingkan materi lain. Oleh sebab itu, perlu banyak latihan untuk mengerjakan soal-soal penghitungan kimia ini. Berikut ini adalah Soal HOTS dan pembahasan Stoikiometri Kimia Kelas 10 semester 2.

Soal HOTS Kimia Stoikiometri Kelas 10 Semester 2

Soal HOTS Kimia nomor 1rukim.id

Sebanyak 4,08 gram campuran BaO dan MCO3 dipanaskan hingga semua MCO3 terurai menjadi MO dan CO2. Residu yang tersisa sebanyak 3,64 gram. Residu ini kemudian dilarutkan ke dalam 100 mL larutan HCl 1 M hingga semua MO dan BaO terlarutkan. Ternyata asam berlebih. Asam yang berlebih ini membutuhkan 16 mL larutan NaOH 2,5 M untuk menetralkannya. Tentukan massa atom relatif logam M! (Diketahui Ar H = 1; Ar C = 12; Ar O = 16; Ar Cl = 35,5; Ar Ba = 138)

Pembahasan Soal HOTS Kimia nomor 1

Kunci jawaban klik disini


Soal stoikiometriSoal HOTS Kimia nomor 2 – rukim.id

Empat gram sampel M2S3 bereaksi dengan gas oksigen menghasilkan MO2 sebagai residu dan massa sampel berkurang sebanyak 0,28 gram. Berapakah massa molar M?
Diketahui Ar O = 16; Ar S = 32

Pembahasan Soal HOTS Kimia nomor 2

Kunci jawaban klik disini

Soal HOTS Kimia Stoikiometri Kelas 10 Semester 2

Soal HOTS Kimia nomor 3 – rukim.id

Sampel 4,25 gram mengandung NaCl dan BaCl2·2H2O dipanaskan sehingga massanya berkurang 0,36 gram. Hitunglah persen BaCl2·2H2O.
Diketahui Ar masing-masing unsur: H = 1; O =16; Na =23; Cl = 35,5; Ba = 137.

Pembahasan Soal HOTS Kimia nomor 3

Kunci jawaban klik disini


soal stoikiometri pilganSoal HOTS Kimia nomor 4 – rukim.id

Senyawa yang terdiri dari P dan F dianalisis dengan cara memanaskan 0,276 g senyawa di dalam 436 cm3 labu untuk mengubahnya menjadi gas, dengan tekanan 100 mmHg pada 77 °C. Kemudian, gas tersebut dicampur dengan larutan kalsium klorida yang mengubah semua F menjadi 0,312 g CaF2. Tentukan rumus molekul senyawa tersebut.
Diketahui Ar: F = 19; P =31; Ca = 40.

Pembahasan Soal HOTS Kimia nomor 4

Kunci jawaban klik disini


Soal HOTS Kimia nomor 5 – rukim.id

Logam M direaksikan dengan halogen X membentuk senyawa MX2. Senyawa MX2 tersebut dipanaskan dan terurai sesuai persamaan reaksi:
2MX2(s) → 2MX(s) + X2(g)

Ketika 1,12 g MX2 dipanaskan, diperoleh 0,72 g MX dan 56 mL gas X2 (pada keadaan STP). Tentukan Ar X dan Ar M.

Pembahasan Soal HOTS Kimia nomor 5

Kunci jawaban klik disini

Demikian tadi informasi terbaru mengenail kumpulan soal-soal stoikiometri kelas 10 semester 2. Sumber tulisan ini berasal dari blog pak Urip.info. Silahkan download dan pelajari semoga dimudahkan dalam belajar dan menuntut ilmu. Kemendikbud.co.id

Soal HOTS Kimia Stoikiometri Kelas 10 Semester 2

Tunjukkan lebih banyak

Admin Rukim ID

"Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua". Jangan pernah menghitung berapa banyak yang akan kita terima, namun pikirkan dan laksanakan berapa banyak yang akan kita berikan untuk orang lain.

Satu komentar

  1. Assalamualaikum,
    Seingat saya, soal-soal HOTS diusahakan kontekstual pak, jadi tidak ada logam M atau halogen X, dan lain-lain, harus nyata logam Natrium misalnya dan lain-lain, maaf IMHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk menikmati konten RUKIM ID, silahkan OFF aplikasi Adblock browser Anda