X

Soal dan Kunci Jawaban Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Pilgan Kelas 10 Tahun 2022

Soal try out online materi Kimia Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit kelas 10 Tahun 2021/2022

Soal dan Kunci Jawaban Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Pilgan Kelas 10 Tahun 2022 – Pada mata pelajaran Kimia kelas X semester genap, pokok bahasan yang dipelajari siswa adalah Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Untuk menguatkan materi ini, siswa perlu berlatih untuk mengerjakan soal. Berikut ini Rukim ID menyediakan Try Out Online Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas 10 Pilihan Ganda tahun 2021/2022.

Soal dan Kunci Jawaban Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Pilgan Kelas 10 Tahun 2022

Paket soal ini dapat dimanfaatkan oleh bapak ibu guru dan murid untuk latihan soal secara online, daring / PJJ. Terlebih saat pandemi Covid 19 dan Omnicron, praktis siswa-siswa perlu banyak belajar mandiri. Oleh sebab itu, silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Soal berada di halaman 2

Dari Zenius.com: “Arti kata “larutan”, larutan tidak sama dengan air, namun termasuk suatu campuran yang bersifat homogen, yakni terdiri dari dua atau lebih zat. 

Yang dimaksud larutan bersifat homogen adalah larutan memiliki komposisi yang merata atau setiap bagian volumenya akan memiliki komposisi atau sifat yang sama. 

Zat yang jumlahnya lebih sedikit disebut zat terlarut atau solut, dan zat yang jumlahnya lebih banyak daripada zat lain disebut pelarut.

Sebagai contoh larutan gula, maka gula sebagai zat terlarut, sedangkan air merupakan pelarut.

Larutan sendiri memiliki banyak jenisnya, di antaranya adalah larutan elektrolit dan larutan non elektrolit yang akan gue bahas lebih lanjut di bawah ini. Soal PH Larutan elektrolit nonelektrolit kelas 10

Larutan Elektrolit

Pengertian larutan elektrolit adalah larutan yang memiliki partikel-partikel berupa ion-ion yang dapat menghantarkan listrik. 

Berdasar proses pembentukan ion-ionnya (ionisasi), larutan elektrolit memiliki dibagi menjadi 2 jenis, yaitu larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah. 

  • Larutan Elektrolit Kuat adalah larutan elektrolit yang terurai sempurna menjadi ion atau mengalami ionisasi sepenuhnya dalam larutan air atau dalam keadaan lebur. 

Karena sifat inilah larutan yang dapat menghantarkan listrik paling baik adalah larutan yang masuk dalam kelompok larutan elektrolit kuat. 

Ciri-ciri larutan elektrolit kuat adalah larutan yang sepenuhnya terionisasi untuk membentuk ion bebas ketika dilarutkan, dan tidak ada molekul netral yang terbentuk dalam larutan. 

Semakin banyak tersedianya ion bebas dalam suatu elektrolit, semakin besar kapasitasnya untuk membawa atau menghantarkan arus.

Garam dapur termasuk elektrolit kuat karena garam memiliki molekul yang dapat terionisasi jika dilarutkan dan akan memberikan larutan tersebut kemampuan untuk menghantarkan listrik.

Ketika garam larut, ion-ionnya yang dapat bergerak bebas dalam larutan, dan memungkinkan muatan mengalir.

NaCl yang dilarutkan dalam air kemudian garam (padatan) larut menjadi ion-ion komponennya, dapat diwakili oleh persamaan ionisasi:

NaCl(s) → Na+(aq) + Cl(aq)

Larutan elektrolit kuat selalu terdiri dari asam kuat, basa kuat dan garam.

Contoh larutan elektrolit kuat lainnya selain NaCl (garam) adalah NaOH (soda api), H2SO4 (asam sulfat), HCl (asam klorida), dan KCl.


  • Larutan Elektrolit Lemah yaitu elektrolit yang tidak terurai sempurna menjadi ion atau mengalami ionisasi sebagian sehingga jumlah zat yang terurai menjadi ion tidak banyak dan menjadi penghantar listrik yang buruk.

Ciri-ciri larutan elektrolit lemah adalah hanya sebagian terionisasi dalam air (biasanya 1% sampai 10%). Karena itu, elektrolit lemah tidak seefisien elektrolit kuat dalam menghantarkan listrik. 

Zat-zat dalam larutan elektrolit lemah biasanya meliputi asam lemah dan basa lemah, yang sebagian besar merupakan senyawa kovalen. Beberapa molekul netral hadir dalam larutan elektrolit lemah ini.

Contoh larutan elektrolit lemah adalah CH3COOH (asam asetat), NH4OH, HCN (hidrogen sianida), dan Al(OH)3.
Air juga merupakan elektrolit yang sangat lemah. Ionisasi air murni dapat diwakili oleh persamaan ionisasi H2O → H+ + OH.

Larutan Non Elektrolit

Kebalikan dari larutan elektrolit adalah larutan non elektrolit. Pengertian larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik karena zat-zat yang dilarutkan tidak menghasilkan ion atau tidak mengalami ionisasi sama sekali. 

Contoh larutan non elektrolit adalah Etil alkohol (etanol) karena tidak terionisasi ketika dilarutkan dalam air. 

Contoh lain adalah glukosa dalam air membentuk larutan non elektrolit karena meskipun gula larut dalam air, namun gula tetap mempertahankan identitas kimianya.

Link Soal

Soal dan Kunci Jawaban Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Pilgan Kelas 10 Tahun 2022

PH Elektrolit Nonelektrolit
PH Elektrolit Nonelektrolit

Setelah mempelajari teori dari Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, berikut ini adalah soal try out / soal PH / soal latihan yang dapat dikerjakan secara online. Soal terdiri dari 20 soal pilihan ganda dengan bobot nilai 5 poin per soal yang benar dijawab.

Selamat mengerjakan!

Demikian tadi Soal dan Kunci Jawaban Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Pilgan Kelas 10 Tahun 2022. Semoga bermanfaat dalam menguatkan materi kelas 10 semester genap ini. Kemendikbud

Soal dan Kunci Jawaban Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Pilgan Kelas 10 Tahun 2022

MELIHAT ISI SELENGKAPNYA, KLIK DISINI

Admin Rukim ID

"Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua". Jangan pernah menghitung berapa banyak yang akan kita terima, namun pikirkan dan laksanakan berapa banyak yang akan kita berikan untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
error: Konten Dilindungi !!!

Adblock Detected

Untuk menikmati konten RUKIM ID, silahkan OFF aplikasi Adblock browser Anda