Kemdikbud

Download Panduan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemdikbud PDF

Petunjuk atau Panduan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud (Kemdikbud)

Download Panduan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemdikbud PDF – Apakah bapak ibu guru sudah memiliki Buku Petunjuk atau Panduan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar? Sebagai seorang guru di sekolah afirmasi dan berkinerja, harus sudah memiliki Buku Petunjuk atau Panduan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahawa Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alamat website http://belajar.kemdikbud.go.id.

Download Panduan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemdikbud PDF

Apa Itu Portal Rumah Belajar?

Rumah Belajar Kemdikbud
Logo Rumah Belajar Kemdikbud

Seperti yang tertulis di Portal Rumah Belajar, website pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Apa saja fitur yang tersedia dalam web site atau Portal Rumah Belajar? Portal Rumah Belajar menyediakan fitur utama Rumah Belajar contohnya:

  1. Sumber Belajar: Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.
  2. Buku Sekolah Elektronik (BSE);
  3. Bank Soal: Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.
  4. Laboratorium Maya: Fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.
  5. Peta Budaya;
  6. Wahana Jelajah Angkasa;
  7. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; dan
  8. Kelas Digital: Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

Delapan fitur utama Portal Rumah Belajar memang sudah sangat baik namun ternyata Kemendikbud / Kemdikbud menyediakan pula fitur pendukung seperti:

  1. Karya Komunitas;
  2. Karya Pendidik; dan
  3. Karya Bahasa dan Sastra.

Link download PDF Portal Panduan Rumah Belajar Kemdikbud dihalaman selanjutnya

1 2Next page
Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!