Kuliah

Cara Menentukan Stereoisomer Enantiomer dan Diastereomer Molekul Sangat Mudah

Menentukan enantiomer dan diastereomer pasangan molekul dengan sangat cepat

Cara Menentukan Stereoisomer Enantiomer dan Diastereomer Molekul Sangat Mudah – Dalam soal Olimpiade Sains Nasional, baik itu OSK – OSP – OSN sering sekali kita jumpai soal yang menanyakan tentang penentuan enantiomer dan diastereomer dari pasangan struktur molekul. Di pelajaran Kimia SMA, tidak dibahas tentang enantiomer dan diastereomer. Oleh sebab itu, mari kita belajar penentuan enantiomer dan diastereomer.

Cara Menentukan Stereoisomer Enantiomer dan Diastereomer Molekul Sangat Mudah

Pengertian Enantiomer adalah salah satu bentuk stereoisomer molekul-molekul yang merupakan bayangan cermin satu sama lain yang tidak dapat diimpitkan (nonsuperimposable), tidak identik. Konfigurasi saling berlawanan di semua pusat kiral.

Pengertian Diastereomer adalah salah satu bentuk stereoisomer molekul-molekul yang bukan merupakan bayangan cermin satu sama lain yang tidak dapat diimpitkan (nonsuperimposable), tidak identik. Konfigurasi saling berlawanan di beberapa pusat kiral.

Setelah kita tahu pengertian enantiomer dan diastereomer, selanjutnya kita belajar tahap demi tahap penentuan keisomeran molekul.

Berikut ini adalah step by step penentuan keisomeran beberapa molekul.

Tahap pertama : Menentukan konfigurasi molekul dengan sistem R/S, pelajari disini. Untuk penjelasan detail cara konfigurasi sistem R/S dapat dibaca dan dipelajar disini. Mengenai bayangan atau pencerminan molekul tidak semua menunjukkan struktur molekul yang kasad mata langsung.

Tahap kedua : Memasangkan jenis konfigurasi dan menyimpulkan seperti pada skema dan tabel berikut. Konfigurasi R akan menghasilkan bayangan dengan konfigurasi S. Ini berlaku timbal balik, dan dapat dikombinasi menjadi lebih dari 1 atom C kiral dalam satu molekul.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa 2 molekul atau lebih termasuk enantiomer atau diastereomer atau bahkan bukan keduanya adalah dilihat molekul-molekul yang isentik / mirip.

Molekul identik / mirip biasanya punya konfigurasi sama persis.

Baca juga pelajaran ini:

Download Tata Nama Senyawa Organik Terbaru dengan Molekul DDT PDF DOC

Cara Menentukan Konfigurasi Sistem R/S dalam Penamaan Senyawa Organik dengan Mudah

Cara Menentukan Stereoisomer Enantiomer dan Diastereomer Molekul Sangat Mudah

Perhatikan gambar di bawah ini:

Hubungan R,R vs S, S Enansiomer dan Diastereomer
Source gambar : urip.info

Setelah penjelasan tentang enantiomer dan diastereomer, berikut ini adalah beberapa contoh penerapan step-step di atas:

Poin paling penting dalam mempelajari enantiomer dan diastereomer adalah menentukan konfigurasi R/S. Bila masih belum jelas, silahkan baca kembali tutorial penentuan konfigurasi R/S disini.

Cara Menentukan Stereoisomer Enantiomer dan Diastereomer Molekul Sangat Mudah

Tags
Show More

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker