Manajemen Pendidikan

Ciri-ciri Modul Pembelajaran | Contoh Bahan Ajar

Berikut ini ciri-ciri Modul Pembelajaran

Ciri-ciri Modul Pembelajaran (Salah Satu Contoh Bahan Ajar) – Admin menjadi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) Angkatan 4 tahun 2019. Dalam kegiatan perkuliahan, disampaikan mengenai Bahan Ajar dan contohnya. Dalam tulisan kali ini, akan saya sampaikan salah satu contoh Bahan Ajar yaitu Modul Pembelajaran. Berikut ini adalah Ciri-ciri Modul Pembelajaran.

Ciri-ciri Modul Pembelajaran | Contoh Bahan Ajar

Bersifat self-instructional

Pengajaran modul menggunakan paket pelajaran yang memuat satu konsep atau unit dari bahan pelajaran. Sementara, pendekatan yang digunakan dalam pengajaran modul menggunakan pengalaman belajar peserta didik melalui berbagai macam penginderaan, melalui pengalaman mana peserta didik terlibat secara aktif belajar.

Pengakuan atas perbedaan-perbedaan individual

Pembelajaran melalui modul sangat sesuai untuk menanggapi perbedaan individual peserta didik, karena modul pada dasarnya disusun untuk diselesaikan oleh peserta didik secara perorangan. Oleh karena itu pembelajaran melalui modul, peserta didik diberi kesempatan belajar sesuai irama dan kecepatan masing-masing.

Memuat rumusan tujuan pembelajaran/kompetensi dasar secara eksplisit

Tiap-tiap modul memuat rumusan tujuan pengajaran/kompetensi dasar secara spesifik dan eksplisit. Hal ini sangat berguna Untuk berbagai pihak seperti Untuk penyusun modul, guru, dan Untuk peserta didik. Untuk penyusun modul, tujuan yang spesifik berguna untuk menentukan media dan kegiatan belajar yang harus direncanakan untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk guru, tujuan itu berguna untuk memahami isi pelajaran. Untuk peserta didik, berguna untuk menyadarkan mereka tentang apa yang
diharapkan.Contoh Bahan Ajar

Ciri-ciri Modul Pembelajaran | Contoh Bahan Ajar

Adanya asosiasi, struktur, dan urutan pengetahuan

Proses asosiasi terjadi karena dengan modul peserta didik dapat membaca teks dan melihat diagram-diagram darn buku modulnya. Sedangkan struktur dan urutan maksudnya materi pada buku modul itu dapat disusun mengikuti struktur pengetahuan secara hirarkis. Dengan demikian peserta didik dapat mengikuti urutan kegiatan belajar secara teratur.

Penggunaan berbagai macam media (multi media)

Pembelajaran dengan modul memungkinkan digunakannya berbagai macam media pembelajaran. Hal ini dikarenakan karakteristik peserta didik berbeda-beda terhadap kepekaannya terhadap media. Oleh karena itu dalam belajar menggunakan modul bisa saja divariasikan dengan media lain seperti radio atau televisi.

Partisipasi aktif dari peserta didik

Modul disusun sedemikian rupa maka bahan-bahan pembelajaran yang ada dalam modul tersebut bersifat self instructional, maka akan terjadi keaktifan belajar yang tinggi.

Adanya reinforcement langsung terhadap respon peserta didik

Respon yang diberikan peserta didik mendapat konfirmasi atas jawaban yang benar, dan mendapat koreksi langsung atas kesalahan jawaban yang dilakukan. Hal ini dilakukan dengan cara mencocokkan hasil pekerjaannya dengan kunci jawaban yang telah disediakan.

Adanya evaluasi terhadap penguasaan peserta didik atas hasil belajarnya

Dalam kegiatan belajar mengajar, modul dilengkapi dengan adanya kegiatan evaluasi, maka dari hasil evaluasi ini dapat diketahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi yang telah didapat. Untuk mengetahui peserta didik berada pada tingkat penguasaan yang mana, suatu modul juga dilengkapi tentang cara perhitungannya dan titik ukurnya.

Demikian tadi saya sampaikan ciri-ciri Modul Pembelajaran yang merupakan salah satu contoh Bahan Ajar yang digunakan dalam dunia pendidikan. Semoga bermanfaat dan selalu kunjungi website Rukim.ID.

Ciri-ciri Modul Pembelajaran | Contoh Bahan Ajar

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!