SBMPTN

Download Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Bagian 9

Materi Soal TPS: Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pengetahuan Kuantitatif

Download Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Bagian 9LTMPT selaku lembaga resmi penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK 2020 untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2020 secara resmi mengumumkan bahwa UTBK 2020 materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS). Untuk memudahkan calon mahasiswa belajar TPS, silahkan Download Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pengetahuan Kuantitatif.

Download Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Bagian 9

Download Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 PDF
Download Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 PDF

Informasi resmi mengenai UTBK 2020 yang diujikan materi Tes Potensi Skolastik (TPS) saja, dapat anda lihat melalui link berikut ini:

Baca : Info Resmi UTBK 2020 Hanya TPS

Pengertian Tes Potensi Skolastik atau Pengertian TPS adalah

Tes Potensi Skolastik atau biasa disebut TPS merupakan tes yang akan digunakan oleh Panitia LTMPT guna menyeleksi calon mahasiswa dalam SBMPTN 2020.

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. (Sumber)

Apabila merujuk kepada Tes Potensi Skolastik (TPS) tahun 2019, maka materi yang diujikan dalam TPS UTBK 2020 seperti ini:

  1. Pemahaman Bacaan dan Menulis
  2. Penalaran Umum
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  4. Pengetahuan Kuantitatif
Kumpulan Bank Soal TPS UTBK 2020
Kumpulan Bank Soal TPS UTBK 2020

Kunci sukses mengerjakan TPS adalah sering-sering belajar menjawab soal. Oleh sebab itu, kami Rukim.ID ingin berbagi Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020. Dikarenakan banyaknya soal dan pembahasan TPS UTBK 2020, kami jadikan beberapa bagian agar belajarnya lebih tertata.

Download Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Bagian 9

Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 PDF
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 PDF

Seperti yang telah tertulis di atas bahwasannya dalam 1 paket soal dan pembahasan berisi empat komponen atau materi uji yaitu, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pengetahuan Kuantitatif.

Soal TPS UTBK 2020 PDF Paket 9 (Download)
Pembahasan Soal TPS UTBK 2020 PDF Paket 9 (Download)

Bagaimana dengan paket-paket pembahasan soal Tes Potensi Skolastik? Silahkan anda kunjungi link di bawah ini, lengkap insya Alloh.

Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 1
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 2
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 3
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 4
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 5
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 6
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 7
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 8
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 9
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 10
Download Pembahasan TPS UTBK 2020 PDF
Download Pembahasan TPS UTBK 2020 PDF

Contoh Soal dan Pembahasan Pemahaman Bacaan dan Menulis Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020 PDF

 (1) Pengikisan pantai oleh gelombang dan arus laut terus terjadi di Pulau Bali. (2) Eksplorasi sumber daya alam dan pembangunan yang tidak mengindahkan lingkungan dinilai mempercepat proses itu. (3) Jika kondisi itu berlanjut, […] yang ditanggung untuk mengatasi dan mengantisipasi pengikisan didaerah yang belum berdampak akan semakin besar. (4) Diduga keadaan itu akan merusak keindahan pantai dan ekosistem yang berada di laut.

(5)Ekosistem laut adalah salah satu ekosistem yang penting bagi manusia. Laut memiliki banyak manfaat bagi manusia. (6)Melestarikan laut, akan berdampak pada keseimbangan ekosistem di bumi. (7)Sama seperti di darat, ekosistem laut juga terdiri dari fauna dan flora. (8)Semakin dalam, maka fauna dan flora yang ada di laut juga semakin berbeda.(9) Perbedaan ini akibat adanya perbedaan tekanan bawah laut, serta intensitas cahaya matahari yang ada didalam laut.

Kalimat utama dalam dalam teks di atas terdapat pada nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Pembahasan: A. (1)
karena kalimat utama pasti terdapat dalam kalimat pertama dalam suatu teks.

Contoh Soal dan Pembahasan Penalaran Umum Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020 PDF

Setelah hampir dua dekade, para ilmuwan menemukan strain baru Human Immunodeficiency Virus ( HIV). Strain baru ini disebut HIV-1 grup M subtipe L. HIV sebetulnya dibagi menjadi dua jenis utama, yakni HIV-1 yang lebih umum dan HIV-2 yang kurang menular dan hanya berperan pada sekitar 0,01 persen dari kasus yang terjadi. Kedua tipa ini lantas dibagi lagi menjadi beberapa strain. HIV-1, misalnya, dikategorikan dalam empat grup, termasuk grup M yang merupakan penyebab 90 persen kasus HIV. Sebelumnya, grup M dianggap hanya terdiri dari sembilan strain: A, B, C, D, F, G, H, J, dan K. Di antara sembilan strain ini, C merupakan strain yang paling umum di seluruh dunia. Namun dengan ditemukannya jenis baru ini ini, kini jumlahnya jadi 10 strain.

HIV-1 grup M subtipe L ditemukan oleh para peneliti setelah menemukan tiga kasus terpisah. Dua ditemukan di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada tahun 1980-an dan 1990-an, sedangkan sampel ketiga ditemukan pada 2001. Sampel ketiga ini dikumpulkan sebagai bagian dari studi pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak. Namun, jumlah sampel yang begitu kecil menyulitkan para peneliti pada masa itu untuk mengurutkan genom virus HIV dan memastikannya sebagai jenis baru. Berkat terobosan teknologi, kini para ahli telah memastikannya dan memublikasikan hasil penelitian mereka dalam jurnal Journal of Acquired Immune Deficiency Syndrome.

Meski demikian, para ahli menekankan kepada publik untuk tidak khawatir dan panik akibat penemuan virus HIV jenis baru ini. “Kemajuan ilmiah dalam pemahaman kita tentang HIV terus bergerak dengan cepat. Penting untuk ditekankan bahwa ada banyak jenis HIV yang berbeda, tetapi kemampuan kita untuk mendeteksi dan mengobati virus tetap sama,” ujar Michael Worobey, kepala departemen ekologi dan evolusi biologi Univeristy of Arizona. Dengan kata lain, obat antiretroviral yang kita miliki sekarang masih dapat mengendalikan strain baru HIV ini. Selain itu, para ahli menegaskan bahwa strain HIV jenis baru ini cukup langka dan hanya menginfeksi segelintir orang di dunia.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan strain C adalah ……

A. Strain C merupakan strain paling umum di dunia
B. Strain C termasuk strain jenis HIV-1
C. Strain C digolongkan dalam grup M
D. Strain C adalah strain yang menular
E. Strain C dan strain baru termasuk subtipe sama

Contoh Soal dan Pembahasan Pengetahuan dan Pemahaman Umum Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020 PDF

(1)Di era milenial saat ini kebutuhan dan aktivitas yang serba cepat menuntut kita untuk tidak lepas dari perkembangan teknologi. (2)Perkembangan teknologi memang sudah menjadi kebutuhan kaum milenial dari berbagai aspek kehidupan sehari-hari. (3)Generasi tersebut termasuk ke dalam generasI Y yang mengutamakan kepraktisan dalam segala hal. (4)Hal tersebut membuat generasi Y sangat tergantung dengan kemajuan teknologi informasi pada gawainya.

(5)Seiring berkembangnya teknologi juga memiliki sisi negatif dan sisi positif. (6)Dampak yang timbul dari sisi negatif sebuah teknologi informasi yaitu kemudahan mengakses berbagai hal yang dapat disalahkangunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab, contohnya kecanduan bermain gawai dan mengakses pornografi yang marak terjadi dikalangan remaja. (7)Hal tersebut sangatlah hal yang tidak wajar dan merusak pola pikir anak. (8)Selain dari sisi negatif, teknologi internet juga memiliki sisi positif yang dapat dimanfaatkan untuk memeroleh informasi secara luas.

Pembahasan: B. Pengaruh perkembangan teknologi terhadap generasi milenial
Pembahasan : ide pokok merupakan Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan dalam sebuah bacaan. Dalam bacaan tersebut ide pokoknya adalah pengaruh perkembangan teknologi terhadap generasi milenial. Karena kalimat selanjutnya sebagai kalimat penjelas yang menjabarkan ide pokok tersebut.

Contoh Soal dan Pembahasan Pengetahuan Kuantitatif Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020 PDF

Diketahui:
adalah 80% dari
3 lebih besar 70% dari
Jika −=7 maka nilai adalah ……
A. 20
B. 25
C. 30
D. 40
E. 45

Demikian tadi informasi terbaru mengenai link Download Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Paket 9 PDF yang berisi tentang Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pengetahuan Kuantitatif.

Download Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Bagian 9

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!