Artikel

Al Azhar Solobaru Jateng Simulasi Bencana Gempa Bersama Basarnas Pos Solo

Simulasi guna meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana

Al Azhar Solobaru Jawa Tengah (Jateng) Simulasi Bencana Gempa Bersama Basarnas Pos Solo – Hari Selasa tanggal 12 November 2019 terjadi suara gemuruh karena bencana gempa bumi yang menimpa Solo dan Sekitarnya. Tak terkecuali getarannya menimpa Al Azhar Solobaru Jawa Tengah.

Namun, ternyata hal ini hanyalah simulasi tanggap bencana gempa bumi yang diadakan Al Azhar bekerja sama dengan Basarnas Pos Solo. Murid, Guru, Karyawan SMP Islam Al Azhar 21 dan SMA Islam Al Azhar 7 Solobaru turut menjadi bagian dari simulasi ini.

Simulasi dimulai dengan suara gemuruh layaknya gempa bumi. Sontak murid dan guru yang sedang kegiatan belajar mengajar di masing-masing kelas berhamburan menyelamatkan diri sembari mengangkat tas untuk melindungi kepala dari reruntuhan.

Untuk memastikan tidak ada yang tertinggal di dalam kelas, para guru menyisir lantai 2 tempat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Dalam simulasi ini pula digambarkan sejumlah siswa yang terluka mendapat pertolongan oleh Palang Merah Remaja (PMR) sekolah. Kemudian untuk korban yang tidak bisa berjalan maka ditandu untuk selanjutnya dinaikkan ke mobil ambulance.Basarnas Solo simulasi di Al Azhar Solo

Menurut koordinator simulasi dari Basarnas Pos Solo, Tri Puji Sugiharto mengatakan bahwa kegiatan dilakukan merupakan bagian dari sosialisasi kebencanaan Basarnas Goes To School.simulasi bencana gempa

Simulasi kebencanaan, menurut Direktur Pendidikan Yayasan Makarima selaku yang memayungi Al Azhar Solo Baru, Ibu Kartika Dewi, sangat penting bagi murid, maka setiap tahun selalu melakukan simulasi dengan berganti ganti tema.

Simulasi bencana
Ibu Kartika Dewi menyampaikan informasi

“Kali ini simulasi kebencanaan gempa bumi, sebelumnya, kami simulasi penanganan kebakaran. Karena gedung sekolah kita bertingkat jadi lebih rawan sedikit dibanding tidak bertingkat,” ucap beliau.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan penuh antusias baik dari murid maupun Bapak/Ibu Guru berserta Staf Al Azhar Solobaru Jawa Tengah. (iswah)

Al Azhar Solobaru Jateng Simulasi Bencana Gempa Bersama Basarnas Pos Solo

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!