Kuliah

Jadwal SNBP dan Jadwal SNBT tahun 2024 | Persyaratan SNPMB

Informasi Lengkap Seputar SNBP dan SNBT tahun 2024

Jadwal SNBP dan Jadwal SNBT tahun 2024 | Persyaratan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 | Tidak lama lagi, siswa siswi kelas 12 tahun pelajaran 2023/2024 SMA SMK maupun Madrasah Aliyah dan sederajat yang memiliki keinginan dan peminatan untuk melanjutkan belajar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan bersaing menjadi pejuang untuk menjadi mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri PTN. Kemudian, apa perbedaan masuk PTN melalui SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri? Simak postingan ini selengkapnya.

Informasi Lengkap Seputar Jadwal Jalur SNBP 2024 dan Jadwal SNBT tahun 2024 | Persyaratan SNPMB

Secara umum, perbedaan yang dirasakan sebagai mahasiswa yang masuk PTN melalui SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri adalah dari beban biaya kuliah. Mahasiswa yang masuk melalui jalur SNBP pada umumnya dibebankan biaya kuliah yang lebih ringan dibandingkan dengan mereka yang masuk melalui jalur SNBT dan Seleksi Mandiri. Namun, bagi yang tidak mampu jangan khawatir karena pada semua jalur berlaku keringanan biaya melalui KIP Kuliah bagi yang memenuhi persyaratan.

Jadwal SNBP Tahun 2024, Jadwal SNBT Tahun 2024, Persyaratan SNPMB Sekolah dan Siswa dalam SNBP

Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran SNBP Tahun 2024 Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 diselenggarakan guna memberikan kesempatan kepada siswa siswi SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) serta Memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi dengan kuota minimum 20% dengan biaya ditanggung pemerintah. Adapun yang dimaksud PTN disini adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah, meliputi PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Jadwal SBNP SNBT Informasi Lengkap SNPMB 2024
Jadwal SBNP SNBT Informasi Lengkap SNPMB 2024

Apa Ketentuan SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)?

Di bawah ini adalah ketentuan Umum Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah sebagai berikut:

  1. SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa. Rapor yang digunakan adalah sebagai berikut: a) semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun; atau b) semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  2. Adapun prestasi akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.
  3. Sekolah yang mengikutkan siswanya dalam SNBP harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan rapor siswa yang eligible di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar.
  4. Sekolah harus memiliki Akun SNPMB Sekolah Untuk pengisian PDSS. Siswa harus memiliki Akun SNPMB Siswa untuk pendaftaran SNBP. Registrasi Akun SNPMB Sekolah dan registrasi Akun SNPMB Siswa dilakukan di Portal SNPMB
  5. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  6. Siswa yang akan mendaftar SNBP disarankan membaca informasi persyaratan program studi pilihan pada laman PTN yang dituju.
  7. Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024.
  8. Siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.

Apa Persyaratan Pendaftaran SNBP Tahun 2024? Untuk mengikuti SNBP ada Persyaratan Sekolah dan Persyaratan Siswa Pendaftar (Siswa Eligible) yang harus dipenuhi.

Di bawah ini adalah Persyaratan Sekolah yang dapat mengikuti SNBP:

  1. SMA/SMK/MA yang mempunyai NPSN;
  2. Mengisi PDSS dan data siswa dimana yang diisikan hanya yang eligible sesuai dengan ketentuan;
  3. Ketentuan akreditasi untuk alokasi siswa eligible yakni: a) Akreditasi A: 40% terbaik di sekolah; b) Akreditasi B: 25% terbaik di sekolah; c) Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolah
Persyaratan Sekolah SNBP 2024
Persyaratan Sekolah SNBP 2024

Sedangkan Persyaratan Siswa Pendaftar (Siswa Eligible) calon mahasiswa PTN Jalur SNBP Tahun 2024 :

  1. Merupakan siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir (kelas XII) pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul;
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  3. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS;
  4. Memiliki nilai rapor yang telah diisikan di PDSS;
  5. Wajib mengunggah Portofolio bagi yang memilih program studi Bidang Seni & Olahraga;
  6. Memiliki Kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi;
  7. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
Persyaratan Pendaftar SNBP 2024
Persyaratan Pendaftar SNBP 2024

Di halaman selanjutnya adalah informasi lengkap tentang Jadwal SNBP 2024 dan Ketentuan Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah Jalur SNBP 2024, klik selanjutnya.

1 2 3Next page
MELIHAT ISI SELENGKAPNYA, KLIK DISINI

Admin Rukim ID

"Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua". Jangan pernah menghitung berapa banyak yang akan kita terima, namun pikirkan dan laksanakan berapa banyak yang akan kita berikan untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Konten Dilindungi !!!

Adblock Detected

Untuk menikmati konten RUKIM ID, silahkan OFF aplikasi Adblock browser Anda