Islam

Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan dan Menu Berbuka Puasa Bulan Ramadhan

Sahur dan berbuka puasa dengan kurma, inilah manfaatnya

Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan dan Menu Berbuka Puasa Bulan Ramadhan – Kurma adalah makanan terkenal dari Timur Tengah. Di dalam sejarah, makanan ini ditemukan sejak 700 tahun yang lalu. Di Bulan Ramadhan, kurma biasa dijadikan menu sahur dan berbuka puasa karena Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan di masa hidupnya. Sehingga karena identik dengan bulan puasa Ramadhan, maka tidak lengkap jika tanpa kurma.

Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan dan Menu Berbuka Puasa Bulan Ramadhan

Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan
Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Dilihat dari kandungan nutrisi, kurma salah satu makanan yang memiliki semua unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat uji laboratorium, satu biji kurma mengandung nutrisi seperti glukosa dan fruktosa (karbohidrat), vitamin, lemak, protein dan serat.

Baca juga:

Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru SD SMP SMA SMK 2020/2021

Buah kurma memiliki kandungan gula alami, kandungan gula alami ini bermanfaat untuk meningkatkan kadar gula darah selama berpuasa sehingga mampu menahan rasa lapar. Selain itu, kandungan zat besi dan kalsium dalam buah kurma bermanfaat untuk pertumbuhan tulang.

Manfaat Kurma
Manfaat Kurma

Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan dan Menu Berbuka Puasa Bulan Ramadhan

Di bawah ini adalah Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan di bulan Ramadhan.

Manfaat Kurma untuk Mengatasi Sembelit
Kadar serat yang tinggi pada buah kurma dapat mengatasi penyakit sembelit. Penyakit sembelit atau biasa disebut konstipasi adalah kondisi seseorang susah untuk buang air besar. Hal ini disebabkan karena organ pencernaan tidak berjalan maksimal.

Manfaat Kurma untuk Mencegah Penggumpalan Darah
Buah kurma memiliki asam salisilat yang bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah. Darah yang menggumpal dapat berakibat fatal jika terjadi di pembuluh darah otak yaitu mengakibatkan stroke. Jika penggumpalan darah terjadi di jantung maka berakibat serangan jantung.

Manfaat Kurma untuk Mencegah Rematik
Zat besi dan kalsium banyak terkandung pada kurma. Zat ini dapat menjaga kesehatan tulang. Mengkonsumsi kurma secara rutin dapat memenuhi kebutuhan tubuh terhadap mineral.

Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Buah Kurma mengandung potasium yang dapat mengurangi stroke dan penyakit yang terkait dengan jantung lainnya. Dengan mengkonsumsi kurma, dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh sebagai pemicu serangan jantung.

Manfaat Kurma untuk Mengembalikan Energi Tubuh yang Hilang
Kurma mengandung karbohirat (glukosa fruktosa dan sukrosa). Ketiga gula alami ini sangat baik untuk mengembalikan energi yang hilang selama kita berpuasa di bulan Ramadhan.

Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan Sistem Saraf
Kandungan terakhir yang dimiliki oleh kurma adalah vitamin B. Vitamin B ini untuk menjaga kesehatan saraf.

Menu berbuka puasa dengan kurma
Menu berbuka puasa dengan kurma

Demikian tadi informasi terbaru tentang Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan dan Menu Berbuka Puasa Bulan Ramadhan. Segala sesuatu yang dicontohkan Nabi Muhammad insya Alloh memiliki dampak positif untuk umatnya. Termasuk kurma yang menjadi amalan sunnah selama bulan Ramadhan. Dengan mengkonsumsi kurma secara rutin mampu membuat sistem saraf menjadi lebih sehat dan lebih responsif, dan juga meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan aktivitas otak. Semoga bermanfaat.

Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan dan Menu Berbuka Puasa Bulan Ramadhan

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!