Olimpiade

Download Soal KSM Biologi Terintegrasi MA Tingkat Kabupaten / Kota 2019 PDF DOC

Kumpulan soal KSM MA Tahun 2019 tingkat Kabupaten / Kota Persiapan KSM 2020 2021 2022

Download Soal KSM Biologi Terintegrasi MA Tingkat Kabupaten / Kota 2019 PDF DOC – Persiapan KSM MA Tingkat Kabupaten / Kota tahun 2020 2021 2022 2023 dan seterusnya diperlukan pembahasan soal KSM 2019 2018 2017 dan tahun-tahun sebelumnya. Dalam Olimpiade tingkat Madrasah atau KSM (Kompetisi Sains Madrasah) bidang yang di uji adalah Geografi TerintegrasiEkonomi TerintegrasiMatematika TerintegrasiFisika TerintegrasiBiologi TerintegrasiKimia Terintegrasi.

Download Soal KSM Biologi Terintegrasi MA Tingkat Kabupaten / Kota 2019 PDF DOC

Untuk KSM tahun 2019 ini sepertinya ada perubahan yang sangat mencolok dari sisi kualitas soal. Di tahun 2018 ke belakang, biasanya kualitas soal KSM di bawah kualitas OSN (OSN lebih susah). Namun, ditahun ini KSM lebih susah hehe. Penasaran?

Soal KSM 2019 ini telah disesuaikan dengan Kisi-Kisi KSM 2019. Hal itu karena materi dalam KSM 2019 yang dikompetisikan tidak akan keluar dari kisi-kisi yang telah diedarkan Kemenag sebagaimana telah dijelaskan dalam Juknis KSM 2019.

Baiklah tidak perlu berlama-lama, berikut adalah contoh Soal KSM 2019 yang dapat anda jadikan referensi sekaligus ajang berlatih sebelum menghadapi Kompetisi Sains Madrasah baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, ataupun Nasional.

Beberapa contoh soal KSM Biologi Terintegrasi Tingkat Kabupaten / Kota 2019 (link download di halaman 2) :

Contoh Soal Biologi KSM 2019 tingkat Kabupaten/Kota

Bila kita perhatikan, seluruh makhluk hidup di alam diciptakan dengan sempurna dan dilengkapi dengan sistem yang dapat memungkinkan kehidupan mereka sebagaimana digambarkan pada Al A’la ayat 2-3. Salah satu keajaiban alam adalah struktur mitokondria dan kloroplas yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan energi. Para ahli biologi menduga bahwa kedua struktur ini dihasilkan dari proses endosimbiosis, bahwa nenek moyang mitokondria dan kloroplas awalnya merupakan prokariot yang hidup bebas, KECUALI:
(A) Mitokondria dan kloroplas mengalami replikasi melalui pembelahan biner dan tidak mengikuti pembelahan sel secara keseluruhan.
(B) Mitokondria dan kloroplas melakukan sintesis protein secara terpisah dari sel eukariot inang.
(C) Mitokondria dan kloroplas menjalankan fungsinya secara terpisah dari sel eukariot inang.
(D) Mitokondria dan kloroplas memiliki kromosom sirkuler tunggal tanpa histon atau protein, sama seperti kromosom pada bakteri

Contoh Soal Biologi KSM 2019 tingkat Kabupaten/Kota

Gen terdiri atas bagian yang akan diekspresikan yang disebut ekson dan bagian yang tidak diekspresikan yang disebut intro. Intron banyak ditemukan pada organisme multiseluler dan sangat sedikit pada organisme uniseluler. Proses pemotongan dan penyambungan intron dan ekson disebut …
(A) Splicing
(B) Promoter
(C) Rolling circle
(D) Cutting

Contoh Soal Biologi KSM 2019 tingkat Kabupaten/Kota

Virus merupakan salah satu ciptaan Allah yang unik karena mereka tidak memiliki sistem yang memungkinkan mereka untuk mengolah bahan makanan sebagai sumber energi. Allah menunjukkan kebesaranNya dalam mengurus makhluk ini (Al-Ankabuut : 60) sehingga dapat berkembang biak dengan mekanisme yang unik.

Perhatikan gambar dari daur hidup bakteriofage:Soal KSM Biologi 2019

Urutan dari siklus hidup yang ditunjukkan huruf X, Y, dan Z pada Bakteriofage pada gambar adalah . . .
A. Lisis – Adsorbsi – Proliferasi
B. Lisiss – Adsorbis – Penetrasi
C. Absorbsi – Penetrasi – Replikasi
D. Penetrasi – Absorsi – Replikasi

Link download halaman selanjutnya

1 2Next page
Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!