Artikel

Cara Mendapatkan Token Pulsa Listrik Gratis 3 Bulan Pandemi Corona

Seperti inilah cara mendapatkan pulsa listrik gratis sesuai arahan Jokowi

Cara Mendapatkan Token Pulsa Listrik Gratis 3 Bulan Selama Wabah Pandemi Virus Corona COVID-19 – Di akhir bulan tepatnya tanggal 31 Maret 2020, Jokowi berpidato tentang info terbaru mengenai pandemi virus corona COVID-19. Salah satu hal untuk meringankan beban masyarakat adalah menggratiskan biaya listrik dan token pulsa listrik selama 3 bulan. Jika masih bingung siapa saja yang mendapatkan listrik gratis, berikut ini Rukim.ID share Cara Mendapatkan Token Pulsa Listrik Gratis 3 Bulan Pandemi Corona.

Cara Mendapatkan Token Pulsa Listrik Gratis 3 Bulan Pandemi Corona

Untuk menjalankan program listrik gratis 3 bulan tersebut, pemerintah telah menyiapkan dana kurang lebih 3,5 Triliun. Setidaknya terdapat dua kelompok pelanggan PLN yang akan mendapatkan keringanan pembayaran listrik tersebut selama 3 bulan (April Mei Juni), yaitu pengguna daya 450 VA dan 900 VA subsidi.

Listrik Gratis 3 Bulan
Listrik Gratis 3 Bulan

Pengguna Daya 450 VA

Masyarakat yang menggunakan listrik dengan daya 450 VA maka akan mendapat keringanan listrik gratis selama 3 bulan sebesar 100%, benar-benar gratis.

Pengguna Daya 900 VA

Masyarakat yang menggunakan listrik dengan daya 900 VA bersubsidi maka akan mendapat keringanan listrik gratis 50% selama 3 bulan. Jadi hanya membayar setengah harga saja. Jadi, tidak semua pengguna listrik dengan daya 900 VA akan mendapat potongan 50% ya, hanya yang bersubsidi.

Cara Mendapatkan Token Pulsa Listrik Gratis 3 Bulan Pandemi Corona

Sekarang, pertanyaan muncul dari pengguna listrik prabayar atau listrik dengan token pulsa. Bagaimana cara mendapat token pulsa listrik gratis?

Syarat Memperoleh Token Listrik Gratis

Cara Mendapat Listrik Gratis 3 Bulan
Cara Mendapat Listrik Gratis 3 Bulan

Kebijakan keringanan pembayaran listrik selama masa darurat pandemi virus corona Covid-19 ini berlaku hanya untuk golongan pelanggan PLN tertentu berupa tarif gratis dan subsidi 50%.

Listrik Gratis 100% 3 Bulan (April Mei Juni)

Listrik gratis 100% diberikan kepada golongan pelanggan dengan kapasitas daya listrik sebesar 450 VA saja tanpa terkecuali. Karena pengguna listrik 450 VA adalah pelanggan menengah kebawah. Layanan tarif gratis ini berlak pengguna lsitrik prabayar maupun pascabayar.

Data PLN mencatat bahwa pengguna listrik dengan daya 450 VA kurang lebih sebanyak 24 juta pelanggan yang merupakan masyarakat golongan menengah ke bawah.

Subsidi Listrik 50% 3 Bulan (April Mei Juni 2020)

Selain pengguna listrik daya 450 VA, pengguna listrik daya 900 yang bersubsidi juga akan mendapat keringanan pembayaran listrik. Diskon pembayaran listrik sebesar 50% diberikan kepada golongan pengguna listrik bersubsidi dengan daya 900 VA. Saat ini pengguna listrik 900 VA sebesar 7 juta pelanggan menuru data PT PLN yang bersubsidi.

Fasilitas listrik gratis untuk pelanggan 450 VA dan subsidi 50% bagi pengguna daya 900 VA subsidi berlaku selama tiga bulan, mulai dari bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Cara Mendapatkan Token Pulsa Listrik Gratis

Cara Mendapat Token Pulsa Listrik Gratis 3 Bulan Prabayar
Cara Mendapat Token Pulsa Listrik Gratis 3 Bulan Prabayar

Untuk pengguna listrik pasca bayar (bukan pulsa/token), pengguna listrik daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi akan secara otomatis keringanan biaya listrik di bulan April Mei Juni 2020. Bagaimana dengan pengguna listrik prabayar atau token pulsa listrik?

Untuk mendapatkan token pulsa listrik gratis 3 bulan dengan cara membuka website PLN atau melalui chat Whatsapp PT PLN.

1. Cara memperoleh token / pulsa listrik gratis melalui situs PLN

  • Silahkan membuka website PT PLN di www.pln.co.id (klik saja)
  • Masuk ke menu Pelanggan, kemudian klik pilihan Stimulus Covid-19
  • Silahkan masukkan ID Pelanggan sesuai meteran masing-masing
  • Token gratis akan otomatis muncul di layar
  • Masukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan Anda.

2. Cara memperoleh token / pulsa listrik gratis melalui chat Whatsapp

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Chat Whatsapp ke nomor 08122-123-123 akau klik disiniotomatis menuju aplikasi Whatsapp anda
  • Masukkan ID Pelanggan anda
  • Ikuti petunjuk
  • Token gratis akan muncul di layar
  • Masukkan token gratis ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan

Demikian tadi informasi terbaru mengenai Cara mendapatkan token pulsa listrik gratis selama 3 bulan saat wabah pandemi virus corona COVID-19 resmi dari Presiden Jokowi bukan HOAX listrik  gratis dan subsidi pengguna daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Semoga bermanfaat.

Cara Mendapatkan Token Pulsa Listrik Gratis 3 Bulan Pandemi Corona

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

3 Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!