Artikel

Hibah PTK 2020 SEAMEO RECFON untuk Guru Lomba Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas Bidang Pangan dan Gizi

Hibah PTK 2020 SEAMEO RECFON untuk Guru | Lomba PTK 2020 – Ada informasi terbaru mengenai dana hibah untuk guru negeri maupun swasta. Kebetulan dalam suasana Hari Guru Nasional tahun 2019, saya share informasi tentang Hibah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) tahun 2020 dari SEAMEO RECFON untuk guru-guru hebat di Indonesia. Berikut ini informasi lengkapnya.

Hibah PTK 2020 SEAMEO RECFON untuk Guru | Lomba PTK 2020

SEAMEO RECFON mengundang Guru SD, SMP, SMA/SMK sederajat, Negeri maupun Swasta di Indonesia untuk mengirimkan proposal penelitian tindakan kelas dengan beberapa pilihan topik (Lomba Penelitian Tindakan Kelas / PTK)

SEAMEO RECFON merupakan pusat regional pangan dan gizi se-Asia Tenggara, yang berperan di bidang pengembangan kapasitas sumber daya manusia melalui penelitian, pendidikan, dan pelatihan dalam bidang pangan dan gizi. Sejak tahun 2014, dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, SEAMEO RECFON memiliki mandat untuk berperan dalam peningkatan kompetensi gizi guru sebagai upaya perbaikan status gizi anak bangsa. Melalui 2 program prioritas yaitu Early Childhood Care Nutrition and Education (ECCNE) dan Nutrition Goes to School (NGTS), telah dilakukan berbagai upaya peningkatan pengetahuan dan praktik gizi dengan basis kegiatan di satuan PAUD dan sekolah. Dalam pelaksanaannya, guru berperan sebagai penyampai pesan gizi dan kesehatan.

SEAMEO RECFON
LOGO: SEAMEO RECFON

Penelitian tindakan kelas atau penelitian berbasis sekolah sangat strategis untuk meningkatkan keterampilan guru dalam penyampaian pesan gizi sekaligus mendukung pengembangan profesinya. Memahami kebutuhan penyelenggaraan penelitian, SEAMEO RECFON menyelengarakan program hibah dana penelitian bagi guru tingkat SD sampai dengan SMA/SMK sederajat di Indonesia. Berdasarkan keperluan tersebut, maka disusunlah Petunjuk Teknis Hibah Penelitian 2020 bagi Guru untuk memberikan gambaran dan arahan bagi calon penerima dan penerima hibah program ini. Lomba PTK 2020

Tujuan umum Lomba PTK 2020 SEAMEO RECFON

Mencapai visi dan misi SEAMEO RECFON untuk menjadi center of excellence in human resource development in the area of food and nutrition di tingkat Nasional dan Regional Asia Tenggara, dengan mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam peningkatan kompetensi guru.

Tujuan khusus Lomba PTK 2020 SEAMEO RECFON

1. Meningkatkan kualitas media pembelajaran dan inovasi dalam penyampaian pesan gizi dan kesehatan berbasis sekolah. Lomba PTK 2020
2. Meningkatkan kapasitas guru dalam penelitian terapan
3. Meningkatan kesempatan pengembangan profesi guru melalui penelitian
4. Membangun kemitraan dengan institusi dan Lembaga Pendidikan lain di tingkat Nasional untuk bersinergi dalam program gizi dan penelitian. Hibah penelitian 2020
5. Meningkatkan jumlah publikasi dari hasil penelitian.
6. Meningkatkan perolehan Kekayaan Intelektual (KI) dari hasil penelitian.

Sasaran Penerima Hibah PTK SEAMEO RECFON

Pada Hibah Penelitian kategori Guru ini, sasaran penerima hibah adalah guru tingkat SD, SMP, SMA/SMK sederajat, baik Negeri maupun Swasta di Indonesia.

Topik Pilihan untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

– Keamanan pangan di sekolah
– Praktik Gizi Seimbang Lomba PTK 2020
– Pengenalan bahaya rokok dan NAPZA
– Pencegahan adiksi gadget Hibah penelitian 2020

Budget maksimal Rp 10.000.000 Lomba PTK 2020

Batas pengumpulan proposal, syarat proposal, sistematika penulisan di halaman selanjutnya

1 2Next page
Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!