Artikel

Apa Perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah?

Berikut ini adalah perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah

Apa Perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah? – Wabah virus Corona COVID-19 diubah statusnya oleh WHO yang semula Epidemi menjadi Pandemik. Apakah kalian tahu perbedaan Pandemik dan Endemik? Selain dua istilah ini, ada juga istilah Epidemi. Apa pengertian Pandemik? Apa pengertian Endemik? Apa pengertian Epidemi? Berikut perbedaan Pandemik Endemik Epidemi sesuai KBBI.

Apa Perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah?

Kasus infeksi virus Corona yang semula terjadi di Kota Wuhan, China, kini sudah meluas hingga seluruh penjuru dunia, dan hal ini sudah menjadi ancaman baru di bidang kesehatan manusia.

Penularan virus Corona yang sangat cepat dari manusia ke manusia dan bahkan meluas ke beberapa negara, membuat WHO merubah status wabah ini.

Pengertian Perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah
Pengertian Perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah

Pada hari Selasa (10/3/2020), World Health Organization (WHO) telah secara resmi mengumumkan bahwa virus Corona atau COVID-19 yang sebelumnya berstatus epidemi sekarang menjadi berstatus pandemi global.

Hal ini dengan alasan yang terjadi pada jumlah orang yang terinfeksi maupun jumlah orang yang sudah meninggal akibat inveksi virus Corona.

Perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah
Perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah

Saat ini sering sekali kita saat membaca berita muncul istrilah Pandemik Endemik Epidemi Wabah. Terkait dengan istilah status epidemi yang berubah menjadi pandemi terhadap infeksi virus Corona, maka berikut ini merupakan penjelasan mengenai perbedaan pandemik, epidemi, pandemi, dan wabah.

Apa Perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah?

Pengertian Epidemi

Epidemi adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban.

Pengertian Endemik

Endemik adalah berkenaan dengan penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu.

Pengertian Pandemik

Pandemik adalah tersebar luas (tentang penyakit) di suatu kawasan, benua, atau di seluruh dunia. Pandemi bisa juga diartikan sebagai penyebaran penyakit atau infeksi virus ke seluruh dunia. Istilah pandemi ini tidak terkait dengan penyebaran geografis dan tidak ada perubahan karakteristik virus tersebut.

Pengertian Wabah

Wabah merupakan kejadian berjangkitnya suatu penyakit menular dalam masyarakat yang jumlah penderitanya meningkat secara nyata melebihi keadaan yang lazim pada waktu dan daerah tertentu serta dapat menimbulkan bahaya atau bencana.

Pengertian Pandemik Endemik Epidemi Wabah
Pengertian Pandemik Endemik Epidemi Wabah

Demikian tadi pengertian dan perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Apa Perbedaan Pandemik Endemik Epidemi Wabah?

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!