PH

Ulangan Harian (UH) Online Kimia Sistem Koloid Kelas XI K13 | Penilaian Harian (PH)

Penilaian Harian (PH) CBT Online Kimia Sistem Koloid Kelas XI K13 Semester 2

Ulangan Harian (UH) atau Penilaian Harian (PH) Online Kimia Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap K13 – Zaman sekarang  peserta didik / murid / siswa dimanjakan dengan pesatnya teknologi di bidang pendidikan, salah satunya pesiapan UH PH PTS PAT PAS dll.

Ulangan Harian (UH) Online Kimia Sistem Koloid Kelas XI K13 | Penilaian Harian (PH)

Sekarang, peserta didik dapat belajar melalui smartphone atau android masing-masing, mulai dari try out online, latihan soal online, prediksi, uji coba online. Termasuk yang akan saya share ini adalah latihan soal online untuk menghadapi penilaian harian (PH) dulu namanya ulangan harian (UH).

Karena saya guru kimia, maka sementara saya share soal PH Kimia Sistem Koloid kelas XI semester 2 K13. Terima kasih untuk bapak NB Sholihin yang telah membuat soal ini.

Sedikit materi Sistem Koloid, sumber dari Wikipedia : Sistem Koloid

Sistem koloid (selanjutnya disingkat “koloid” saja) merupakan suatu bentuk campuran (sistem dispersi) dua atau lebih zat yang bersifat homogen namun memiliki ukuran partikel terdispersi yang cukup besar (1 – 1000 nm), sehingga mengalami Efek Tyndall. Bersifat homogen berarti partikel terdispersi tidak terpengaruh oleh gaya gravitasi atau gaya lain yang dikenakan kepadanya; sehingga tidak terjadi pengendapan. Misalnya, sifat homogen ini juga dimiliki oleh larutan, namun tidak dimiliki oleh campuran biasa (suspensi). Koloid dijumpai di mana-mana: susu, agar-agar, tinta, sampo, serta awan merupakan contoh-contoh koloid yang dapat dijumpai sehari-hari. Sitoplasma dalam sel juga merupakan sistem koloid. Kimia koloid menjadi kajian tersendiri dalam kimia industri karena kepentingannya.

Koloid memiliki bentuk bermacam-macam, tergantung dari fase zat pendispersi dan zat terdispersinya. Beberapa jenis koloid:

  • Aerosol yang memiliki zat pendispersi berupa gas. Aerosol yang memiliki zat terdispersi cair disebut aerosol cair (contoh: kabut dan awan) sedangkan yang memiliki zat terdispersi padat disebut aerosol padat (contoh: asap dan debu dalam udara).
  • Sol Sistem koloid dari partikel padat yang terdispersi dalam zat cair. (Contoh: Air sungai, sol sabun, sol detergen, cat dan tinta).
  • Emulsi Sistem koloid dari zat cair yang terdispersi dalam zat cair lain, namun kedua zat cair itu tidak saling melarutkan. (Contoh: santan, susu, mayonaise, dan minyak ikan).
  • Buih Sistem Koloid dari gas yang terdispersi dalam zat cair. (Contoh: pada pengolahan bijih logam, alat pemadam kebakaran, beberapa jenis kosmetik, dan lainnya). Ada pula buih padat yang merupakan gas yang terdispersi dalam padat (Contoh: Styrofoam, batu apung, spons, marshmallow).
  • Gel sistem koloid kaku atau setengah padat dan setengah cair. (Contoh: agar-agar, Lem).

Ulangan Harian (UH) Online Kimia Sistem Koloid Kelas XI K13 | Penilaian Harian (PH)

Nomer Absen – Kelas silahkan isi apa saja.

Demikian tadi contoh soal online Sistem Koloid mapel Kimia Kelas XI semester 2 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat dan silahkan cari untuk materi lain mapel Kimia Fisika Biologi Matematika penilaian harian (PH) atau ulangan harian (UH), PTS, PAS, PAT (UTS, UAS, UKK dll) di web ini.

Ulangan Harian (UH) Online Kimia Sistem Koloid Kelas XI K13 | Penilaian Harian (PH)

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!