Islam

Kumpulan Kultum Ramadhan: Waktu Malaksanakan Sahur dan Kesalahpahaman Waktu Imsak

Berisi ceramah singkat tentang Ramadhan, dapat dimanfaatkan untuk mengisi TPQ

Kumpulan Kultum Ramadhan: Waktu Malaksanakan Sahur dan Kesalahpahaman Waktu Imsak – Sebentar lagi kita akan kedatangan tamu agung, yaitu Bulan Suci Ramadhan 1441 H atau di tahun 2020 M. Memang saat ini Indonesia sedang mendapat musibah pandemi corona COVID-19 namun bukan berarti kita menuntut agar meniadakan puasa Ramadhan seperti orang-orang tidak jelas itu. Insya Alloh kita tetap istiqomah berpuasa walaupun untuk beribadah di masjid dibatasi. Berikut ini adalah Ceramah Singkat, Kultum Ramadhan, Waktu Malaksanakan Sahur dan Kesalahpahaman Waktu Imsak.

Kumpulan Kultum Ramadhan: Waktu Malaksanakan Sahur dan Kesalahpahaman Waktu Imsak

Dalam materi Kumpulan Kultum Ramadhan, Rukim.ID telah merilis postingan tentang Hadist Keutamaan Makan Sahur dan Manfaatnya, dan sekarang adalah kelanjutan dari postingan tersebut yakni Waktu Utama Melaksanakan Sahur dan Kesalahpahaman Waktu Imsak.

Sahur adalah salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan dan diajarkan oleh Nabi Muhammad kepada umatnya sebelum berpuasa di bulan Ramadhan ataupun puasa sunnah lainnya. Sahur bersifat sunnah muaqqadah (ibadah yang mendekati wajib) walaupun demikian terdapat beberapa perbedaan mengenai waktu yang tepat untuk menyantap makanan sebelum fajar tiba.

Waktu Utama Melaksanakan Sahur

Islam tidak menerangkan dengan detail waktu terbaik untuk menyantap makan sahur, namun dilihat dari riwayat-riwayat yang ada dapat kita pahami bahwa sahur alangkah baiknya dilaksanakan pada akhir malam menjelang terbit fajar / Subuh. Di bawah ini adalah dalil tentang waktu sahur:

“…dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” (QS. Al Baqoroh: 187)

Aku makan sahur bersama keluargaku, kemudian aku segera bergegas menuju masjid agar aku bisa bersujud (pada rakaat pertama shalat shubuh) bersama Rasulullah SAW“. [HR Bukhâri]

“Dari Anas bin Malik RA bahwasanya Nabi SAW dan Zaid bin Tsabit RA pernah makan sahur. Ketika keduanya selesai dari makan sahur, Nabi SAW berdiri untuk shalat, lalu beliau mengerjakan shalat. Kami bertanya pada Anas tentang berapa lama antara selesainya makan sahur mereka berdua dan waktu melaksanakan shalat Shubuh. Anas menjawab, ‘Yaitu sekitar seseorang membaca 50 ayat (Al-Qur’an).’ [HR. Bukhari & Muslim].

Kesimpulan dari dalil waktu sahur di atas adalah “Waktu makan sahur Nabi SAW ialah dekat dengan waktu sholat subuh, berarti beliau selalu mengkahirkan. Sedangkan untuk waktu berakhirnya sahur adalah mendekati azan azan sholat subuh.

Kumpulan Kultum Ramadhan: Waktu Malaksanakan Sahur dan Kesalahpahaman Waktu Imsak

Waktu Imsak
Ustad Adi Hidayat tentang Kesalahpahaman Waktu Imsak

Di Indonesia, hal yang sering ditunggu saat puasa Ramadhan adalah Jadwal Waktu Imsak dan Jadwal Waktu Adzan Magrib. Banyak umat Islam di Indonesia memaknai bahwa Imsak adalah batas seseorang tidak boleh makan dan minum atau awal mula puasa adalah imsak.

Memang betul, imsak artinya menahan makan dan minum atau mulai berpuasa namun waktu yang dimaknai dengan imsak di Indonesia adalah 10 menit sebelum adzan subuh berkumandang. Padahal, batas seseorang sudah memulai puasa adalah adzan Subuh.

Seharusnya, imsak itu adalah adzan Subuh, bukan 10 menit sebelum subuh.

waktu imsak waktu buat sahur
waktu imsak waktu buat sahur

Di bawah ini adalah video Ustad Adi Hidayat meluruskan Makna Imsak

Alangkah baiknya jika penggunaan istilah ini diganti agar tidak menjadi rancu sesuai bahasa.

Selain Ustad Adi Hidayat, Ustadz Ali Mashudi Al Hafidz, Wakil Kepala SDIT Nur Hidayah Bidang Pendidikan Alquran mengatakan batas akhir makan dan minum saat sahur dapat merujuk pada Quran Surat Al Baqoroh ayat 187. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa dimulainya puasa saat terbit fajar, atau saat waktu Subuh tiba. Karena kata imsak itu artinya menahan makan dan minum atau mulai berpuasa. Maka lebih baik istilah imsak ini diganti dengan tanbihun, yang berarti hati-hati.

Sehingga, untuk sahabat yang membaca tulisan ini dan berada di Indonesia, lanjutkan menyantap hidangan makan sahur walaupun di madjid-masjid sudah tersiar waktu imsak. Namun, jika sudah adzan subuh berkumandang, makanan yang ada di dalam mulut dimuntahkan.

Demikian tadi ceramah singkat dan kultum singkat tentang Waktu Malaksanakan Sahur dan Kesalahpahaman Waktu Imsak, semoga bermanfaat untuk mempelajari dan memperdalam ibadah di Bulan Ramadhan 1441 H / 2020 M. Silahkan tunggu Kumpulan Kultum Ramadhan yang lain. (Kemendikbud dan Eswah)

Kumpulan Kultum Ramadhan: Waktu Malaksanakan Sahur dan Kesalahpahaman Waktu Imsak

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk menikmati konten RUKIM ID, silahkan OFF aplikasi Adblock browser Anda