XI

Download Soal Asam Basa Kimia Kelas 11 Semester 2 Tahun 2022 PDF

Tersedia juga kumpulan soal-soal materi Kimia lain kelas 10 11 12

Download Soal Asam Basa Kimia Kelas 11 Semester 2 Tahun 2022 PDF – Di bawah ini adalah kumpulan soal-soal mata pelajaran Kimia kelas XI semester 2 dengan materi Asam Basa. Paket soal, kunci jawaban dan pembahasan soal dapat digunakan sebagai bahan belajar file PDF menghadapi Penilaian Harian / PH, Ulangan Harian (UH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan atau Penilaian Akhir Semester (PAS) materi Larutan Asam Basa. Untuk materi Hidrolisis – Larutan Penyangga (Buffer) – Titrasi Asam Basa akan Rukim ID sampaikan di postingan selanjutnya.

Download Soal Asam Basa Kimia Kelas 11 Semester 2 Tahun 2022 PDF

Asam dan basa dibagi menjadi dua macam, yaitu asam kuat dan basa kuat, serta asam lemah dan basa lemah. Mari kita bahas satu persatu apa maksud dari kuat dan lemah ini.

1. Asam Kuat dan Basa Kuat

Pengertian Asam kuat adalah senyawa asam yang mudah melepaskan ion H+ dalam air dan mengalami disosiasi total dalam larutannya. Contoh asam kuat yaitu HCl, HNO3, H2SO4, dan HCIO4.

Pengertian basa kuat adalah senyawa basa yang mudah melepaskan ion OH dalam air dan mengalami disosiasi total dalam larutannya. Contoh basa kuat yaitu NaOH, KOH, dan Ba(OH)2.

2. Asam Lemah dan Basa Lemah

Pengertian Asam lemah adalah senyawa asam yang sulit melepaskan ion H+ dalam air dan mengalami disosiasi sebagian dalam larutannya. Contoh asam lemah yaitu H3PO4, H2SO3, HNO2, dan CH3COOH.

Pengertian Basa lemah adalah senyawa basa yang sulit melepaskan ion OH dalam air dan mengalami disosiasi sebagian dalam larutannya. Contoh basa lemah yaitu NaHCO3 dan NH4OH.

Soal Asam Basa
Soal Asam Basa

Ciri-ciri asam kuat:

  • Golongan VIIA
  • Terionisasi sempurna (α=1)
  • Merupakan elektrolit kuat
  • Contoh: HCl, HI, HBr, H2SO4,HNO3

Ciri-ciri asam lemah:

  • Tidak terionisasi sempurna (α<1)
  • Merupakan elektrolit lemah
  • Contoh: CH3COOH, H2CO3, H2S, H3PO4, HCN, dll

Ciri-ciri basa kuat:

  • Golongan IA dan IIA (kecuali Be)
  • Contoh: LiOH, NaOH, KOH, RbOH, Mg(OH)2, Ca(OH)2, Sr(OH)2, Ba(OH)2

Ciri-ciri basa lemah:

  • Contoh: Al(OH)3, Be(OH)2, NH4OH, Cu(OH)2, Fe(OH)3
1 2Next page
MELIHAT ISI SELENGKAPNYA, KLIK DISINI

Admin Rukim ID

"Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua". Jangan pernah menghitung berapa banyak yang akan kita terima, namun pikirkan dan laksanakan berapa banyak yang akan kita berikan untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
error: Konten Dilindungi !!!

Adblock Detected

Untuk menikmati konten RUKIM ID, silahkan OFF aplikasi Adblock browser Anda