Kuliah

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020 Tanggal 2-31 Maret 2020

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah program pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020 Tanggal 2-31 Maret 2020 – Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah program pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk membantu calon mahasiswa baru dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan belajar di perguruan tinggi. Berikut ini Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020 Tanggal 2-31 Maret 2020

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah dimulai pada tanggal 2 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020. Pendaftaran dilakukan secara online di kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

KIP Kuliah adalah program Bidikmisi yang dilaksanakan melalui perluasan akses mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Pada awalnya, pendaftaran SNMPTN telah dibuka dan dituup pada tanggal 27 Februari 2020. Namun, khusus untuk calon mahasiswa keluarga tidak mampu yang membutuhkan KIP Kuliah disediakan perpanjangan waktu pendaftaran hingga tanggal 31 Maret 2020.

Proses Pendaftaran SNMPTN 2020

  1. Mengunjungi portal.ltmpt.ac.id
  2. Mengisi biodata
  3. Memilih perguruan tinggi negeri yang diinginkan
  4. Memilih program studi
  5. Upload dokumen prestasi tambahan (jika ada)
  6. Finalisasi
  7. Mencetak Kartu Bukti Pendaftaran

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020 Tanggal 2-31 Maret 2020

KIP KULIAH 2020
KIP KULIAH 2020

Proses Pendaftaran KIP Kuliah 2020

  1. Mengunjungi kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  2. Melakukan validasi NIK
  3. Melakukan validasi NISN
  4. Melakukan validasi NPSN (tanya ke pegawai TU)
  5. Kelayakan mendapatkan KIP Kuliah

Secara lengkap Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah adalah sebagai berikut:

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps*;
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah**;
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Bagi calon mahasiswa yang memilih jalur seleksi SNMPTN harap diperhatikan hal-hal berikut ini

  1. Calon Mahasiswa yang sudah memiliki KIP Kuliah harus melakukan Pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59 WIB).
  2. Calon Mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki KIP Kuliah (calon penerima KIP), juga harus melakukan Pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59 WIB) sampai mengisi pilihan Prodi dan PTN.
  3. Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki KIP Kuliah diberi kesempatan untuk melakukan FINALISASI sampai dengan akhir Maret 2020.
  4. Setelah masa pendaftaran KIP Kullah berakhir, akan dilaksanakan Kegiatan Sinkronisasi Data antara Data Pendaftar SNMPTN di LTMPT dengan Data Penerima KIP Kuliah untuk keperluan seleksi. Pendaftaran dianggap sah bila sudah dilakukan FINALISASI. Siswa yang tidak memfinalisasi dianggap belum/tidak mendaftar SNMPTN.

Demikian tadi informasi terbaru tentang Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2020 yang dibuka mulai tanggal 2 – 31 Maret 2020. Semoga bermanfaat.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020 Tanggal 2-31 Maret 2020

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk menikmati konten RUKIM ID, silahkan OFF aplikasi Adblock browser Anda