Media Pembelajaran

Download RPP Satu Lembar Matematika SMP MTs Tahun 2020

Tersedia juga contoh RPP Satu Lembar mata pelajaran yang lain

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Bilangan Bulat dan Pecahan
Alokasi Waktu : 400 Menit

A. Tujuan Pembelajaran

1. Membandingkan berbagai jenis bilangan bulat dan pecahan.
2. Mengurutkan berbagai jenis bilangan bulat dan pecahan.
3. Menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan
4. Memanfaatkan berbagai sifat operasi.
5. Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.

B. Kegiatan Pembelajaran

  1. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan
    terkait dengan materi yang akan di pelajari.
  2. Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi Bilangan Bulat dan Pecahan yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.
  3. Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
    yang berhubungan dengan Bilangan Bulat dan Pecahan.
  4. Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Bilangan Bulat dan Pecahan untuk ditemukan pemecahannya.
  5. Peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
  6. Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap
    anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
  7. Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan)
  8. Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
  9. Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan
    hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
  10. Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
  11. Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
  12. Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)

C. Penilaian

1. Tes Tertulis

Di antara operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, manakah yang hasil operasinya tertutup (menghasilkan bilangan bulat juga)? Jelaskan.

2. Tes Praktik

Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen).

Mengetahui,
Kepala Sekolah
…….., ………………………………
Guru Mata Pelajaran
,..………………………………
NIP. …………………………
,..………………………………
NIP. …………………………

Contoh RPP Satu lembar Matematika Kelas VIII SMP MTs

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Pola Bilangan
Alokasi Waktu : 160 Menit

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Menentukan suku selanjutnya dari suatu barisan bilangan dengan cara menggeneralisasi pola bilangan sebelumnya
  2. Menggeneralisasi pola bilangan menjadi suatu persamaan
  3. Mengenal macam-macam pola bilangan

B. Kegiatan Pembelajaran

  1. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan terkait dengan materi yang akan di pelajari.
  2. Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi Pola Bilangan yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.
  3. Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Pola Bilangan.
  4. Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Pola Bilangan untuk ditemukan
    pemecahannya.
  5. Peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi).
  6. Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi).
  7. Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan).
  8. Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan).
  9. Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan).
  10. Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
  11. Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang
    ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi).
  12. Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan).

C. Penilaian

  • Tes Tertulis

Temukan dua suku berikutnya dari pola barisan berikut 5, 11, 23, 47, …

Mengetahui,
Kepala Sekolah
……., ………………………………
Guru Mata Pelajaran
,..………………………………
NIP. …………………………
,..………………………………
NIP. …………………………

Download Contoh RPP Satu Lembar Matematika SMP/MTs 2020 ala Nadiem Makarim (klik disini)

  • Download RPP Satu Lembar Matematika SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)
  • Download RPP Satu Lembar IPA SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)
  • Download RPP Satu Lembar IPS SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)
  • Download RPP Satu Lembar PKn SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)
  • Download RPP Satu Lembar Seni Budaya SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)
  • Download RPP Satu Lembar Bahasa Inggris SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)
  • Download RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)

Demikian tadi informasi terbaru mengenai link download contoh RPP model baru yang lebih sederhana semoga bermanfaat.

Download RPP Satu Lembar Matematika SMP MTs Tahun 2020

Previous page 1 2
MELIHAT ISI SELENGKAPNYA, KLIK DISINI

Admin Rukim ID

"Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua". Jangan pernah menghitung berapa banyak yang akan kita terima, namun pikirkan dan laksanakan berapa banyak yang akan kita berikan untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Konten Dilindungi !!!

Adblock Detected

Untuk menikmati konten RUKIM ID, silahkan OFF aplikasi Adblock browser Anda