Media Pembelajaran

Download RPP Satu Lembar SMP MTs Tahun 2020 Lengkap

RPP Satu Lembar Semua Mata Pelajaran Lengkap

Download RPP Satu Lembar SMP MTs Tahun 2020 Lengkap – Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau biasa disebut RPP merupakan salah satu komponen terpenting dalam kegiatan belajara mengajar. Namun, karena urusan administrasi, guru-guru justru disibukkan untuk menyusun RPP daripada sibuk berkreasi di kelas. Hal inilah yang mendasari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengeluarkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Download RPP Satu Lembar SMP MTs Tahun 2020 Lengkap

Semula sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, RPP terdiri dari 13 (tiga belas) komponen RPP dan semua komponen tersebut harus ada dalam penyusunan RPP. Tentu saja hal inilah yang menyebabkan guru disibukkan untuk urusan administrasi.

Namun, dengan adanya penyederhanaan RPP ini, bapak / ibu guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Dalam RPP Satu Lembar ini terdapat 3 (tiga) komponen inti dalam penyederhanaan RPP sesuai edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment). Komponen lainnya dalam penyusunan RPP bersifat sebagai pelengkap saja.

Download RPP Satu Lembar SMP MTs Tahun 2020 Lengkap

Tujuan Pembelajaran dalam RPP Satu Lembar

  1. Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik.
  2. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.
  3. Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

Langkah-langkah Pembelajaran dalam RPP Satu Lembar

  1. Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar.
  2. Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik.
  3. Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

Penilaian Pembelajaran (Assesment) dalam RPP Satu Lembar

  1. Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
  2. Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.
  3. Guru yang sudah membuat RPP dengan format yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah tetap dapat menggunakan format RPP yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Guru juga dapat memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip terbatu dalam penyusunan RPP (efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.

Berikut ini Rukim.ID share link download contoh RPP satu lembar SMP MTs tahun 2020 berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019.

Dengan adanya contoh RPP ini, Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri RPP satu lembar tersebut dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru, yaitu efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.

Berikut link Download RPP Satu Lembar SMP MTs Tahun 2020 Lengkap dapat di unduh pada link berikut:

Download RPP Satu Lembar Matematika SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)

Download RPP Satu Lembar IPA SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)

Download RPP Satu Lembar IPS SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)

Download RPP Satu Lembar PKn SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)

Download RPP Satu Lembar Seni Budaya SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)

Download RPP Satu Lembar Bahasa Inggris SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)

Download RPP Satu Lembar Bahasa Indonesia SMP MTs Tahun 2020 (klik disini)


Kurang lebih bentuk atau format RPP Satu lembar Kelas VII SMP MTs seperti di bawah ini:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Bilangan Bulat dan Pecahan
Alokasi Waktu : 400 Menit

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Membandingkan berbagai jenis bilangan bulat dan pecahan.
  2. Mengurutkan berbagai jenis bilangan bulat dan pecahan.
  3. Menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan
  4. Memanfaatkan berbagai sifat operasi.
  5. Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.

B. Kegiatan Pembelajaran

  1. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan
    terkait dengan materi yang akan di pelajari.
  2. Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi Bilangan Bulat dan Pecahanyang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.
  3. Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
    yang berhubungan dengan Bilangan Bulat dan Pecahan.
  4. Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Bilangan Bulat dan Pecahan untuk ditemukan pemecahannya.
  5. Peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
  6. Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap
    anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
  7. Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan)
  8. Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
  9. Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan
    hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
  10. Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
  11. Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
  12. Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)

C. Penilaian

1. Tes Tertulis

Di antara operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, manakah yang hasil operasinya tertutup (menghasilkan bilangan bulat juga)? Jelaskan.

2. Tes Praktik

Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen).

Mengetahui,
Kepala Sekolah,..………………………………
NIP. …………………………
…….., ………………………………
Guru Mata Pelajaran,..………………………………
NIP. …………………………

Kurang lebih bentuk atau format RPP Satu lembar Kelas VIII SMP MTs seperti di bawah ini:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Pola Bilangan
Alokasi Waktu : 160 Menit

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Menentukan suku selanjutnya dari suatu barisan bilangan dengan cara menggeneralisasi pola bilangan sebelumnya
  2. Menggeneralisasi pola bilangan menjadi suatu persamaan
  3. Mengenal macam-macam pola bilangan

B. Kegiatan Pembelajaran

  1. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan terkait dengan materi yang akan di pelajari.
  2. Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi Pola Bilangan yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.
  3. Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Pola Bilangan.
  4. Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Pola Bilangan untuk ditemukan
    pemecahannya.
  5. Peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi).
  6. Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi).
  7. Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan).
  8. Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan).
  9. Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan).
  10. Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
  11. Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang
    ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi).
  12. Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan).

C. Penilaian

  1. Tes Tertulis

Temukan dua suku berikutnya dari pola barisan berikut 5, 11, 23, 47, …

Mengetahui,
Kepala Sekolah,..………………………………
NIP. …………………………
……., ………………………………
Guru Mata Pelajaran,..………………………………
NIP. …………………………

Download RPP Satu Lembar SMP MTs Tahun 2020 Lengkap

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".
Back to top button

Adblock Detected

Untuk menikmati konten RUKIM ID, silahkan OFF aplikasi Adblock browser Anda