Perangkat Pembelajaran

Download RPP Kimia Berbasis STEM 2018/2019

Download RPP Kimia Berbasis STEM 2018/2019 – Akhir-akhir ini di penghujung tahun 2018, saya sering melihat adanya desiminasi pembelajaran berbasis STEM yang diadakan oleh MGMP mata pelajaran di berbagai daerah. Mungkin banyak diantara pembaca juga masih asing dengan apa itu STEM?

Download RPP Kimia Berbasis STEM

Dalam beberapa tahun terakhir ini, perkembangan informasi dan teknologi berjalan sangat cepat. Indonesia konon memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah, sudah menjadi hal yang wajib jika bangsa harus memiliki peranan yang besar dalam perkembangan tersebut. Oleh sebab itu, pendidikan Indonesia memasukkan aspek SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING and MATH (STEM).

Desiminasi Pembelajaran Berbasis STEM
MGMP Kab. Sukoharjo

Dalam pendekatan STEM ini, dalam proses pembelajarannya dilakukan dengan metode active learning yang meliputi komunikasi, kolaborasi, problem solving, kepemimpinan, kreativitas dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa Indonesia saat ini sudah memasuki era persaingan bebas yang dimulai dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN sehingga memungkinkan SDM asing untuk bersaing dengan SDM lokal secara lebih bebas. Dengan kesadaran seperti ini, para stakeholder termasuk siswa, guru dan orang tua harusnya dapat bertambah giat mempelajari STEM. Sehingga kata kuncinya adalah peningkatan kesadaran akan perlunya STEM dalam menyongsong masa depan.

Download RPP Kimia Berbasis STEM

Sebagai seorang pendidik dan sebagai seorang guru yang mengajar di kelas, persiapan dalam pembelajaran juga tidak kalah penting. RPP yang digunakan dalam pendekatan STEM tentu berbeda dengan pendekatan yang lain. Di bawah ini adalah contoh RPP Kimia Berbasis STEM. Semoga dengan adanya sampel RPP ini, bapak ibu guru semakin bertambah wawasan terkait STEM di Indonesia.

Download (PDF, 875KB)

Download RPP Kimia Berbasis STEM

Tags
Show More

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat with us on WhatsApp
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker