SBMPTN

Hal-hal Penting yang Wajib Diketahui Pasca UTBK 2020 Hanya TPS

Menjawab pertanyaan mendasar setelah pengumuman UTBK 2020 hanya Tes Potensi Skolastik

Hal-hal Penting yang Wajib Diketahui Pasca UTBK 2020 Hanya TPS – Hari Senin tanggal 7 April 2020, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, mengeluarkan surat edaran tentang perubahan jadwal pelaksanaan UTBK 2020. Selain itu, dalam surat edaran Nomor 09/SE.LTMPT/2020 juga tertulis bahwa UTBK 2020 hanya akan mengujikan Tes Potensi Skolastik (TPS) saja tanpa Tes Kompetensi Akademik (TKA). Berikut ini adalah Hal-hal Penting yang Wajib Diketahui Pasca UTBK 2020 Hanya TPS.

Hal-hal Penting yang Wajib Diketahui Pasca UTBK 2020 Hanya TPS

Tes Potensi Skolastik atau biasa disebut TPS merupakan tes yang akan digunakan oleh Panitia LTMPT guna menyeleksi calon mahasiswa dalam SBMPTN 2020.

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. (Sumber)

Apabila merujuk kepada Tes Potensi Skolastik (TPS) tahun 2019, maka materi yang diujikan dalam TPS UTBK 2020 seperti ini:

  1. Pemahaman Bacaan dan Menulis
  2. Penalaran Umum
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  4. Pengetahuan Kuantitatif

Berdasarkan informasi inilah, banyak sekali siswa kelas XII tahun pelajaran 2019/2020 memiliki pemikiran yang bermacam-macam, seperti “Kalau hanya TPS, anak IPS bisa donk ambil Kedokteran” dan lain-lain.

Untuk meluruskan pemikiran seperti ini, akun resmi LTMPT Official di twitter @ltmptofficial mentwit beberapa informasi penting, hal-hal penting yang wajib diketahui pasca UTBK 2020 hanya TPS saja.

Hal-hal Penting yang Wajib Diketahui Pasca UTBK 2020 Hanya TPS

Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 1
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 2
Soal dan Pembahasan TPS UTBK 2020 Download Paket 3

HAL PENTING TENTANG UTBK Yang bertanya “Anak IPS bisa ambil kedokteran dong?” Harus diingat: Setiap prodi PTN punya persyaratan tersendiri, jadi setiap calon mahasiswa yg daftar hanya akan bisa daftar ke Prodi PTN yg sesuai dg kriteria yg dimiliki.

Saat registrasi akun LTMPT, menggubakan NISN dan data LTMPT tersinkronisasi dg Dapodik dan EMIS. Jd tdk sembarangan IPS bisa mengambil prodi IPA begitu juga sebaliknya.

Meski pun ada lintas jurusan kembali lagi kepada persyaratan yg dibuat oleh Prodi PTN tersebut, apakah data kalian yg terekam di Dapodik sesuai atau tidak dg kriteria mereka.

Memang nanti tes hanya TPS saja. TPS terdiri dari 4 sub tes. Sehingga setiap Prodi sesuai kluster bidang akan memiliki pembobotan dari 4 sub Tes TPS yg berbeda.

Prihal pendaftaran UTBk dan SBMPTN bersamaan, maksudnya saat siswa mendaftar selain harus pilih pusat UTBK juga harus mengisi pilihan PTN dan Prodi. Jadi sudah memilih PTN dan Prodi tanpa tahu nilai UTBK.

Maaf kondisi darurat waktu sangat pendek jadi tidak mungkin melakukan dg cara normal. Mohon semuanya memahami situasi dan kondisi. Demi kebaikan dan kesehatan bersama.

Prihal lintas jurusan. Untuk lebih lengkap silahkan buka2 persyaratan calon mahasiswa baru di Prodi2 PTN (web PTN masing2) yang kalian minati. Ada d sana kriterianya apa saja.

Selamat menunggu pengumuman SNMPTN 8 April 2020 INGAT YANG SUDAH LOLOS SNMPTN GAK BISA IKUT UTBK! NANTI OTOMATIS DITOLAK SISTEM

Demikian tadi informasi terbaru mengenai Hal-hal penting yang wajib diketahui siswa kelas XII pasca pengumuman UTBK 2020 hanya TPS saja. Semoga menjawab pertanyaan peserta UTBK seluruhnya. (sumber)

Hal-hal Penting yang Wajib Diketahui Pasca UTBK 2020 Hanya TPS

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

4 Komentar

  1. Apakah bisa lintas jurusan?
    Pilihan pertama di ipa
    Pilihan ke dua ips
    Dari anak ipa

  2. apakah peserta yg hanya melakukan registrasi pada tahap pertama (waktu SNMPTN) dan tidak melakukan registrasi akun ltmpt tahap kedua dapat mengikuti UTBK/SBMPTN ini ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk menikmati konten RUKIM ID, silahkan OFF aplikasi Adblock browser Anda