Kemdikbud

Ujian Nasional 2020 adalah UN Terakhir

Berita dari harian TEMPO

Ujian Nasional 2020 adalah UN Terakhir UN Dihapus? – “Tahun Terakhir Ujian Nasional” demikianlah headline portal berita ternama, Tempo. Di bawah ini adalah screenshot dari berita di Tempo yang memuat karikatur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Di samping karikatur, nampak jelas headline yang seperti sebuah soal pilihan ganda. Bagaimana selengkapnya?

Ujian Nasional 2020 adalah UN Terakhir = UN Dihapus?

Tempo membuat headline layaknya soal pilihan ganda, dimana memuat satu pernyataan yang menjurus kepada pertanyaan:

Tahun Terakhir Ujian Nasional

a. Sangat setuju

b. Setuju

c. Ragu-ragu

d. Tidak setuju

Ujian Nasional untuk siswa pada 2020 ada kemungkinan akan menjadi yang terakhir. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merencanakan penghapusan model pengujian yang dianggap membebani anak didik itu dan menggantinya dengan model baru.

Menurut sejumlah sumber, keputusan akan diambil pada awal Desember, setelah pengumuman Programme for International Student Assessment (PISA).

Baca juga: Soal dan Pembahasan UTBK 2019

Ujian Nasional 2020 adalah UN Terakhir = UN Dihapus?

UN Dihapus
Tangkapan layar Koran Tempo

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan bahwa dirinya mengikuti keputusan yang akan diambil pemerintah soal Ujian Nasional (UN). “Tugas Gubernur adalah mengamankan kebijakan-kebijakan pusat untuk disesuaikan dengan isu-isu lokal,” kata RK di Bandung, Rabu, 27 November 2019.

Ridwan Kamil mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi keleluasaan kepada para menterinya untuk melakukan reformasi. “Saya selalu menanggapi positif terhadap pernyataan dari pejabat se-level menteri, karena saya asumsikan itu muncul sudah dalam kajian, kan begitu. Gagasan kan tidak sembarangan,” kata dia.

Ridwan Kamil mengatakan, ada dua pandangan yang mengemuka soal ujian nasional. “Argumen orang yang suka dengan ujian nasional kan siapa pun harus ada ukurannya untuk mengukur. Ada juga yang berargumen, tidak perlu ada ukuran, yang penting lulus mah lulus saja,” kata dia.

Keinginan menghapus ujian nasional pertama kali dicetuskan Menteri Pendidikan dan Kabudayaan Nadiem Anwar Makarim. Nadiem mengatakan akan mengkaji pelaksanaan ujian nasional serta penerimaan siswa baru berdasarkan zonasi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merencanakan penghapusan model pengujian yang dianggap membebani anak didik itu dan menggantinya dengan model baru. Menurut sejumlah sumber, keputusan itu akan diambil pada awal Desember, setelah pengumuman Programme for International Student Assessment (PISA).

Bagaimana menurut anda mengenai informasi UN dihapus? Silahkan tinggalkan komentar beserta alasanmu.

Ujian Nasional 2020 adalah UN Terakhir = UN Dihapus?

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!