Pembahasan Soal OSP Kimia 2017 | Nomor 15 dan 16
Pembahasan Soal OSP Kimia 2017 | Nomor 15 dan 16 – Masih berlanjut dalam pembahasan soal Kimia Olimpiade Sains Provinsi 2017 atau OSP. Untuk pembahasan soal nomor 1 hingga 14 dapat sahabat buka link sebelumnya di website ini. Kali ini kita bahas Nomor 15 dan 16. Pada soal nomor 15, kita dihadapkan dengan materi hibridisasi gas asetilena, sedangkan nomor 16 kita membahas ikatan phi. Berikut pembahasannya.
Pembahasan Soal OSP Kimia 2017 | Nomor 15 dan 16
Soal Nomor 15 OSP Kimia 2017
Gas N2O4 sebanyak 0,31 mol dimasukkan ke dalam wadah 5 L pada 500C. Sebagian dari N2O4 kemudian terdisosiasi menjadi NO2, dengan reaksi :
N2O4 <—> 2NO2
Jika tekanan total pada kesetimbangan adalah 2,20 atm, maka tetapan kesetimbangan, Kp, reaksi tersebut adalah …
A. 0,14
B. 1,14
C. 2,42
D. 11,40
E. 24,30
Pembahasan Soal Nomor 15 OSP Kimia 2017
(menyusul ya)
Pembahasan Soal OSP Kimia 2017 | Nomor 15 dan 16
Soal Nomor 16 OSP Kimia 2017
Anda mempunyai dua jenis larutan penyangga (buffer), yaitu larutan penyangga “A” dan larutan penyangga “B” yang dibuat dengan menggunakan asam propanoat dan kalsium propanoat (yang biasa digunakan sebagai pengawet makanan). Jika larutan penyangga “A” mengandung 0,10 M asam dan garamnya, sedangkan larutan penyangga “B” mengandung 0,20 M asam dan garamnya, maka pernyataan di bawah ini yang paling tepat adalah …
A. Kedua larutan penyangga akan mempunyai pH yang sama dan kapasitas buffer yang sama
B. Larutan “B” akan mempunyai pH lebih tinggi dan kapasitas buffer lebih besar
C. Larutan “B” akan mempunyai pH lebih rendah dan keduanya akan mempunyai kapasitas buffer yang sama
D. Larutan “B” akan mempunyai pH lebih rendah dan kapasitas buffer lebih besar
E. Kedua larutan akan mempunyai pH yang sama, dan larutan “B” mempunyai kapasitas buffer lebih besar
Pembahasan Soal Nomor 16 OSP Kimia 2017
(Menyusul ya)
Demikian tadi pembahasan soal Olimpiade Sains Provinsi tahun 2017. Mohon dikritisi apabila terdapat kekeliruan. Semoga bermanfaat untuk persiapan OSN yang akan datang. Semoga sukses menghantarkan murid-murid mencapai puncak tertinggi. Lanjut pembahasan OSN Provinsi 2017 nomor 15 dan 16.
Terima kasih