Sertifikasi

Cara Mencetak Kartu NUPTK pada VervalPTK Terbaru Tahun 2020

Cara cetak Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)

Cara Mencetak Kartu NUPTK pada VervalPTK Terbaru Tahun 2020NUPTK adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pengertian NUPTK adalah Nomor Induk bagi Guru dan Tenaga Pendidikan. Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah memperoleh NUPTK tahun 2020 ini, dapat mencetak kartu NUPTK pada aplikasi VervalPTK menggunakan akun masing-masing. Berikut ini adalah panduan tutorial Cara Cetak Kartu NUPTK pada VervalPTK tahun 2020.

Cara Mencetak Kartu NUPTK pada VervalPTK Terbaru Tahun 2020

Untuk mencetak Kartu NUPTK di tahun 2020 ini dapat dilakukan dengan mudah secara online dan dapat dilakukan secara mandiri.

Sistem aplikasi Verval GTK digunakan untuk memvalidasi data master GTK dan juga untuk memproses penerbitan NUPTK bagi GTK yang sudah memenuhi persyaratan.

Sistem aplikasi ini melibatkan operator-operator Sekolah, Disdik, Ditjen GTK, dan PDSPK. Bagi anda yang sudah terdaftar di Jaringan Pengelolaan Data Kemendikbud (sdm.data.kemdikbud.go.id) dapat mengoperasikan sistem aplikasi ini.

Berikut ini panduan tutorial cara cetak Kartu NUPTK pada VervalPTK terbaru tahun 2020.

Langkah pertama Masuk ke laman VervalPTK

  1. Login ke laman vervalPTK menggunakan akun GTK, klik vervalptk.data.kemdikbud.go.id menggunakan username dan password masing-masing.
  2. Kartu NUPTK adalah submenu baru dari menu NUPTK, Sebelumnya, terdapat beberapa submenu pada menu NUPTK, sebagai berikut: Status Penerimaan NUPTK, Calon Penerima NUPTK, Upload Ulang Berkas, Penonaktifan NUPTK.

Cara Mencetak Kartu NUPTK pada VervalPTK Terbaru Tahun 2020

Langkah kedua Pilih nama GTK

  1. Pada menu Kartu NUPTK, pilih nama GTK dengan menekan tombol Lihat Data, sehingga akan muncul tampilan seperti berikut.
  2. Jika di dalam tampilan Kartu NUPTK tidak memunculkan foto diri, artinya akun GTK yang bersangkutan belum melakukan upload foto. Jika demikian, maka Anda dapat lakukan perbaikan dengan cara mengunggah foto pada menu Pengelolaan, pilih Perbaikan Foto, kemudian upload foto.

Langkah ketiga Lakukan cetak kartu NUPTK

Apabila Anda akan melakukan cetak Kartu NUPTK, maka ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Tekan tombol CTRL + P pada keyboad, sehingga Anda akan masuk ke halaman Print.
  2. Jika Anda ingin cetak kartu NUPTK, silakan klik bagian printer apa yang sedang digunakan untuk cetak kartu.
  3. Apabila ingin merubah ke dalam format PDF, silakan klik pada tombol Save As PDF, selanjutnya klik tombol Save untuk melakukan penyimpanan data.

Baca juga: 2 Cara Cek SKTP Guru Terbaru Tahun 2020

Demikian tadi Panduan dan Tutorial Cara Cetak Kartu NUPTK pada VervalPTK Terbaru Tahun 2020. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Kemdikbud

Cara Mencetak Kartu NUPTK pada VervalPTK Terbaru Tahun 2020

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!