USBN

Download Soal USBN Bahasa Indonesia 2019 PDF DOC

Tersedia Soal USBN 2019 Mapel PKWu SBK PPKn Bahasa Inggris

Download Soal USBN Bahasa Indonesia 2019 PDF DOC – Alhamdulillah, pelaksanaan USBN 2019 mapel Bahasa Indonesia sudah selesai. Semoga murid-murid yang telah belajar mendapatkan nilai yang terbaik dan lulus SMA 2018/2019. USBN adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Berstandar nasional disini karena soal yang digunakan 25% dari pemerintah dan 75% dari guru masing-masing sekolah.

Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia USBN 2019 PDF DOC

Dalam pelaksanaannya, penyusunan kisi-kisi USBN dibuat oleh masing-masing MGMP Kabupaten. Sedangkan soal dari pemerintah atau Soal Anchor USBN di undur di website USBN. Kemudian kisi-kisi di share ke masing-masing sekolah kemudian disusun guru masing-masing. Selanjutnya soal yang telah disusun ditelaah oleh guru dari sekolah lain dalam acara Telaah Soal USBN (aplikasi telaah soal download disini). Soal yang telah ditelaah dikembalikan ke pembuat soal untuk direvisi jika memang ada notifikasi untuk revisi.

Dalam kesempatan kali ini saya akan share terkait Soal USBN 2019, silahkan Download Soal Bahasa Indonesia USBN 2019 PDF DOC. Soal Anchor akan dibahas jika seluruh wilayah di Indonesia sudah melaksanakan USBN, jadi sementara saya kosongi dulu ya. Saya update jika sudah waktunya rilis.

Selain itu, kalian juga dapat Download Soal Anchor USBN Kimia 2019, Download Soal Anchor USBN Fisika 2019, Download Soal Anchor USBN Biologi 2019, Download Soal Anchor USBN Matematika 2019, Download Soal Anchor USBN PPKn 2019, Download Soal Anchor USBN Ekonomi 2019, Download Soal Anchor USBN Sejarah 2019, Download Soal Anchor USBN Geografi 2019, Download Soal Anchor USBN Sosiologi 2019, Download Soal Anchor USBN Bahasa Indonesia 2019, Download Soal Anchor USBN Bahasa Inggris 2019, Download Soal Anchor USBN PKWu 2019, Download Soal Anchor USBN SBK 2019.

Soal TO DKI 2019
Download Soal Try Out DKI 2019, klik disini

Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia USBN 2019 PDF DOC

Download PDF DOC – Soal Bahasa Indonesia USBN 2019 Nomor 1

Gelaran Asian Para Games 2018 telah berakhir di Jakarta, penutupan Asia Para Games dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (13/10/2018) dengan cukup meriah. Selama seminggu gelaran Asian Para Games 2018, banyak rekor yang berhasil dipecahkan para atlet. Menariknya, para pemecah rekor itu dari delapan negara, yakni Uzbekistan, Jepang, Tiongkok, Iran, India, Malaysia, dan Yordania. Atlet Uzbektistan memecahkan rekor dunia cabang renang nomor 200 meter gaya ganti perseorangan dan 100 meter gaya dada.

Ide pokok pada teks tersebut adalah ….
A. banyak rekor yang dipecahkan oleh para atlet
B. Atlet Uzbektistan memecahkan rekor dunia cabang renang
C. perolehan medali Asian Para Games 2018
D. penutupan Asian Para Games 2018
E. posisi Indonesia dalam peralihan medali

Download PDF DOC – Soal USBN Bahasa Indonesia 2019 Nomor 2

(1) Banjir yang merendam areal pertanian di pantai utara Jawa diprediksi akan menurunkan produksi pangan. (2) Ancaman terhadap menurunnya produksi pangan ini nampaknya akan semakin besar karena sentra pertanian di sepanjang pantura terendam banjir lebih dari dua belas hari. (3) Bahkan, areal pertanian di Indramayu hingga pekan ini masih digenangi air. (4) Pemerintah semestinya memikirkan kesulitan yang dialami para petani di wilayah pantura. (5) Mereka kini memerlukan benih dan pupuk untuk mengganti tanaman padi yang puso.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A. (5)
B. (4)
C. (3)
D. (2)
E. (1)

Download PDF DOC – Soal USBN Bahasa Indonesia 2019 Nomor 3

Produk-produk yang berasal dari bahan dasar sagu sebenarnya sudah banyak, antara lain soun dan mie. Selain itu, banyak juga makanan tradisional dari bahan sagu, terutama yang berasal dari lempeng, dan sebagainya. Pati sagu juga dapat diolah menjadi makanan bayi dengan suplementasi tepung, tempe dan susu bubuk. Untuk meningkatkan nilai gizi, khususnya protein dari pembuatan makanan olahan tradisional seperti bagea dan makron, telah dilakukan suplementasi ikan hingga 40 dari berat sagu. Dalam pembuatan biskuit sagu ini juga dapat diberi tambahan bahan pangan sumber protein untuk meningkatkan nilai gizi biskuit tersebut.

Istilah suplementasi dalam paragraf di atas bermakna….
A. sumber
B. tambahan
C. peningkatan
D. pembuatan
E. berasal

Download PDF DOC – Soal USBN Bahasa Indonesia 2019 Nomor 4

“Generasi nunduk” menjadi sebuah sindiran sosial yang sempat menjadi … di akhir 2017 untuk menggambarkan remaja yang setiap saat sibuk dengan gawainya. Meski kurang tepat, karena tidak sedikit orangtua yang melakukannya, para “generasi nunduk” biasanya memiliki kebiasaan untuk selalu melihat layar ponsel pintar dan sibuk dengan … . Bahkan dalam keadaan bersama dan ramai pada “generasi nunduk” masih sibuk dengan gawai sehingga terkesan … , kurang memiliki kesadaran penuh, baik terhadap ldiri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar. (Kompas, 09 Oktober 2018)

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. Buah bincang, dunia sendiri, menutup hati
B. Buah bibir, dunia maya, menutup mata
C. Adu mulut, layar kaca, angkat topi
D. Banyak mulut, dunia maya, berpangku tangan
E. buah bibir, dunia sendiri, berat hati

Download PDF DOC – Soal USBN Bahasa Indonesia 2019 Nomor 5

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi menyampaikan, acara soft launching dilakukan … memperkenalkan bentuk kios kepada para pedagang yang sudah terverifikasi berjualan di Skybridge. “Perkenalan dulu, supaya mereka tahu tempatnya di mana,” kata Irwandi kepada Republika, Ahad (14/10). … , saat soft launching, pedagang belum dapat memulai aktivitas perdagangan di skybridge. Hal itu … , pembangunan skybridge yang belum rampung 100 persen. “Belum bisa berdagang, Targetnya nanti 30 Oktober sudah bisa berdagang,” ujar dia.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. agar, tetapi, mengakibatkan
B. ketika, karena, berakibat
C. demi, walaupun, menyebabkan
D. untuk, meskipun, berakibat
E. untuk, namun, disebabkan

Silahkan download:

Soal Bahasa Indonesia USBN 2019 Jawa Tengah

Soal Anchor USBN 2019

Untuk Soal dan Kunci Jawaban USBN 2019 secara lengkap (mapel lain), klik disini

Soal USBN 2019 Kimia, Soal USBN 2019 Fisika, Soal USBN 2019 Biologi, Soal USBN 2019 Matematika, Soal USBN 2019 PPKn, Soal USBN 2019 Ekonomi, Soal USBN 2019 Sejarah, Soal USBN 2019 Geografi, Soal USBN 2019 Sosiologi, Soal USBN 2019 Bahasa Indonesia, Soal USBN 2019 Bahasa Inggris, Soal USBN 2019 PKWu, Soal USBN 2019 SBK.

Demikian tadi kumpulan soal-soal USBN 2019 semua mata pelajaran. Semoga bermanfaat sebagai bahan latihan untuk ujian atau tes baik Penilaian Harian (PH), Tengah Semester (PTS), Akhir Semester (PAS) atau Akhir Tahun (PAT).

INGAT!!! Link menyala jika sudah selesai USBN 2019 seluruh wilayah Indonesia.

Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia USBN 2019 PDF DOC

Tags
Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Maaf, browser Anda menggunakan AdBlock

Bantu admin mengembangkan web ini dengan mematikan AdBlock, iklan dari Google yang di klik pengunjung untuk membayar Hosting dan Domain tiap tahunnya