X

Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi

Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi – Saat belajar di kelas X dan mempelajari Tabel Periodik Unsur khususnya mengenai sifat dan karakteristik unsur dalam suatu periode dan atau golongan, seringkali guru mengajarkan “hafalan” kecenderungan energi ionisasi, keelektronegatifan, afinitas, jari-jari dan lain-lain. Misal, dalam satu periode dari kiri ke kanan, energi ionisasi semakin ke kanan semakin besar. Benarkan seperti itu?

Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi

Jika kita kembali ke tujuan penggunaan data energi ionisasi suatu unsur, sebenarnya kita dapat memperkirakan golongan unsur tersebut dalam tabel periodik unsur. Data energi ionisasi elektron ke-n dapat dilihat pada elektron ke berapa yang mengalami perubahan energi ionisasi yang relatif sangat besar (selisihnya sangat besar)

Apabila terjadi lonjakan perubahan energi ionisasi, ini disebabkan karena transisi dari kondisi sebelum stabil menuju kondisi yang lebih stabil. Apabila sudah dalam posisi stabil maka untuk melepaskan elektron dari tingkat energi diperlukan energi yang jauh lebih besar.

Agar pemahaman tentang Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi lebih melekat ke kepala kita, kita praktikkan ke dalam pembahasan soal di bawah ini.

Soal Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi Nomor 1:

Berikut ini berturut-turut adalah delapan energi ionisasi unsur dengan satuan kJ/mol:
703, 1610, 2460, 4350, 5400, 8650, 10300, 12300.
Termasuk golongan berapakah unsur tersebut?

Pembahasan Soal Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi Nomor 1:
Perbedaan energi ionisasi antara elektron 1 dengan elektron yang lain dapat dilihat pada tabel berikut. Apabila dilihat dari lonjakan nilai energi ionisasi, ternyata terjadi setelah elektron ke-5 menuju elektron ke-6, ini dapat diartikan setelah melepaskan 5 elektron unsur tersebut jauh lebih stabil. Jadi dapat pula diperkirakan bahwa unsur tersebut berada pada golongan VA.Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi

Apabila ada pertanyaan, dapat dari mana besarnya lonjakan, kalian tinggal hitung selisih besarnyannya saja, 1620 – 703 = 907, 2460 – 1610 = 850 dan seterusnya. Di dapat lonjakan terbesar adalah data 5 ke 6, 8650 – 5400 = 3250

Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi

Soal Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi Nomor 2:

Diketahui energi ionisasi sembilan elektron pertama suatu unsur berurutan sebagai berikut (kJ/mol):
1000, 2300, 3400, 4600, 7000, 8500, 27100, 31700, 36600.
Termasuk golongan berapa unsur tersebut?

Pembahasan Soal Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi Nomor 2:
Perbedaan energi ionisasi antara elektron 1 dengan elektron yang lain dapat dilihat pada tabel berikut. Apabila dilihat dari lonjakan nilai energi ionisasi, ternyata terjadi setelah elektron ke-6 menuju elektron ke-7, ini dapat diartikan setelah melepaskan 6 elektron unsur tersebut jauh lebih stabil. Jadi dapat pula diperkirakan bahwa unsur tersebut berada pada golongan VIIA.Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi


Soal Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi Nomor 3:
Berikut ini adalah grafik energi ionisas pertama beberapa unsur. Di antara unsur A, B, C, D, E manakah yang menunjukkan unsur golongan alkali?Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi

Pembahasan Soal Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi Nomor 3:

Golongan alkali dalam tabel periodik unsur (SPU) menempati posisi paling sebelah kiri (golongan IA). Unsur-unsur golongan alkali akan memiliki energi ionisasi pertama paling rendah dibanding unsur periode yang sama karena jari-jari atom yang relatif lebih besar sehingga untuk melepaskan elektron pada kulit terluarnya relatif lebih mudah (dibutuhkan energi yang lebih rendah pula).


Soal Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi Nomor 4:
Manakah grafik energi ionisasi pertama yang benar yang menunjukkan unsur dari golongan 3A?

Pembahasan Soal Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi Nomor 4:Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi

Untuk unsur golongan IIIA kecenderungan energi ionisasinya adalah perlahan naik hingga energi ionisasi ketiga hingga menjadi lebih stabil. Setelah melepaskan 3 elektron pertama sampai mencapai kestabilan konfigurasi elektron maka energi ionisasi keempat akan lebih sulit atau diperlukan energi yang lebih besar. Grafik yang benar dengan kondisi unsur golongan IIIA adalah grafik D.


Demikian tadi penjelasan dan pembahasan soal Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi. Semoga dengan pembahasan soal ini, murid-murid lebih memahami materi Tabel Periodik Unsur (SPU) Kelas X MIPA Semester 1 Kurikulum 2013.

Cara Menentukan Golongan Unsur Berdasarkan Energi Ionisasi

Tunjukkan lebih banyak

Eswahyudi Kurniawan

Guru Kimia SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo - Jawa Tengah. "Seorang pendidik asal kampung yang ingin berbagi ilmu untuk semua".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Mohon Matikan Adblock

Maaf, iklan disini asli Google dan setiap klik dari Anda sebagai biaya Pembelian Bedak Istri dan Susu Anak. Bantulah!